_
Home / Pemilu / PDIP: Jabatan Presiden Paling Ideal Dua Periode
ANTARA

PDIP: Jabatan Presiden Paling Ideal Dua Periode

PURWAKARTA, Waspada.co.id – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (pdip ) menyebutkan masa jabatan presiden paling ideal adalah dua periode. Partai yang dikomandoi oleh Megawati Soekarnoputri itu menolak usulan atau wacana revisi masa jabatan presiden dan wakil presiden.

“Ya, kami tidak sependapat karena semangat reformasi telah membatasi jabatan presiden sebanyak dua periode paling lama,” kata Sekretaris Jendral (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto, di Purwakarta, Sabtu (23/11).

Hasto mengungkapkan aturan masa jabatan kepala negara yang berlaku saat ini masih ideal. Dia mengatakan, untuk saat ini negara tidak perlu mengubah aturan yang ada. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengusulkan masa jabatan presiden yang tadinya empat tahun dan dua periode, menjadi tujuh tahun dan hanya satu periode.

Partai yang gagal melampaui ambang batas parlemen pada Pemilu 2019 lalu itu berpendapat dengan masa jabatan yang hanya satu periode membuat presiden terlepas dari tekanan politik jangka pendek. Presiden juga diharapkan lebih fokus untuk melahirkan kebijakan terbaik serta terbebas dari pragmatisme.

Hasto menegaskan amandemen UUD 1945 yang diwacanakan PDIP hanya sebatas Garis Besar Haluan Negara (GBHN), bukan mewacanakan revisi masa jabatan presiden dan wakil presiden. Partai berlogo banteng moncong putih itu menegaskan sikap PDIP soal amandemen terbatas hanya terkait haluan negara.

Ditambahkan, bahwa negara dan bangsa memerlukan arahan untuk menuju terhadap visi tertentu semisal masyarakat adil dan makmur. Dia melanjutkan, amandemen terbatas diadakan untuk menempatkan haluan negara sebagai pedoman bagi seluruh arah dan perjalanan bangsa 25, 50 hingga 100 tahun ke depan.

Hasito mengungkapkan akan segera berdialog dengan para pimpinan partai politik lainnya terkait amandemen tersebut. Hal serupa, sambung dia, juga bakal dilakukan pimpinan fraksi untuk menyusun agenda-agenda strategis terkait dengan hal tersebut.

“Sebagai partai yang berasal dari rakyat kami juga mendengarkan seluruh aspirasi, masukan dari seluruh komponen bangsa,” katanya. (wol/aa/republika/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

PDIP Wajibkan Calon Kepala Daerah Ikut Sekolah Partai

JAKARTA, Waspada.co.id – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mewajibkan seluruh calon kepala daerah yang akan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.