_
Home / Pemilu / Opsi Evaluasi Pilkada Langsung Hanya di Tingkat Kabupaten/Kota
ilustrasi (dok okezone)

Opsi Evaluasi Pilkada Langsung Hanya di Tingkat Kabupaten/Kota

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berencana melakukan evaluasi terhadap jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara langsung.

Mengenai rencana itu, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia menyatakan alangkah baiknya terlebih dahulu dilakukan evaluasi terkait Pilkada langsung ini.

“Kan evaluasi itu baru akan kita memulai, jadi jangan terburu-buru juga mengambil kesimpulan bahwa nanti hasilnya akan kembali ke DPRD atau tetap langsung,” ujar Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Walaupun belum ada pembahasan, Politikus Partai Golkar itu mengatakan dirinya telah menerima opsi-opsi hasil kajian. Di mana opsi pertama, misalnya Pilkada langsung hanya di Kabupaten atau kota dan tidak sampai pada tingkat provinsi.

“Kalau kita sebut Provinsi itu bukan daerah otonom, mereka adalah pemerintahan kepanjangan pemerintahan pusat, harusnya tidak pemilihan langsung seperti kabupaten-kota,” tutur dia.

Kemudian, muncul juga dari opsi kajian tersebut Pilkada langsung hanya diterapkan di daerah daerah yang sudah dianggap mampu menjalankan Pilkada langsung. Namun demikian, dia memastikan opsi-opsi lain menurut masih akan terus muncul ketika nanti dimulai pembahasan evaluasi Pilkada.

“Jadi banyak alternatif yang nanti kita akan tentukan setelah kami melakukan evaluasi,” kata Doli. (okz/data3)

Check Also

Pemanasan Politik Pemilu 2019 Sudah Dimulai

JAKARTA,WOL – Pemilu 2019 baru akan berlangsung 2,5 tahun lagi. Namun, persiapannya mulai ditata dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.