_
Home / Sumut / Nawal Ingatkan Peran Penting Ibu Penuhi Gizi Keluarga
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Nawal Ingatkan Peran Penting Ibu Penuhi Gizi Keluarga

MEDAN, Waspada.co.id – Kaum ibu memiliki peran sangat penting dalam pemenuhan gizi keluarga. Semakin baik pengetahuan ibu mengenai nutrisi, tentunya berdampak pada menu makanan keluarga karena akan memengaruhi kualitas pertumbuhan dan kesehatan.

Hal ini diungkapkan Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara (Sumut), Nawal Edy Rahmayadi, saat membuka Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Sumut ke 14 Tahun 2019 di Kenanga Garden Medan, Rabu (20/11).

“Nah, ikan ini Bu, salah satu makanan bergizi tinggi. Bagus untuk anak-anak kita khususnya di usia-usia pertumbuhan. Memang kadang ada rasa bosan memasak ini, tak terpikir lagi soal gizi. Tapi Bu, demi keluarga harus dilawan itu rasa malas dan bosan. Kita upgrade pengetahuan tentang gizi,” pesan Nawal.

Lomba memasak ini, kata Nawal, menjadi ajang bagi para ibu-ibu berkreasi dalam menciptakan aneka hidangan dengan bahan dasar ikan. Sehingga, tidak timbul rasa jenuh bagi keluarga saat mengonsumsi ikan. Apalagi, ikan memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik untuk tumbuh kembang anak.

“Kalah menang itu biasa dalam perlombaan. Hal yang paling penting adalah pengetahuan dan wawasan kita bertambah. Ada para juri kompeten yang paham gizi hadir di sini, manfaatkan untuk bertanya. Semangat ikuti lomba, mudah-mudahan ini menjadi upaya kita untuk mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional,” katanya.

Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumut, Mulyadi Simatupang, mengatakan pelaksanaan Lomba Masak Serba Ikan merupakan dukungan untuk Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan serta mendukung kedaulatan pangan yang berkelanjutan untuk kesejahteraan dan kecerdasan masyarakat.

Ketua Pelaksana Lomba, Dwie Retno Wulan, mengatakan kategori yang dilombakan adalah menu balita, menu kudapan ikan, dan menu utama atau keluarga. Menu balita dimenangkan oleh Madina (Juara I) diikuti Asahan, Samosir, Tapsel, Labuhanbatu Utara, dan Tapteng.

Menu kudapan ikan dijuarai Deliserdang disusul Medan, Serdang Bedagai, Binjai, Padanglawas Utara, dan Padanglawas. Deliserdang juga menjuarai menu utama/keluarga dengan mengungguli Batubara, Karo, Tanjungbalai, Padangsidimpuan, dan Labuhanbatu.

Atas prestasi juara umum dengan memenangi dua kategori, Kabupaten Deliserdang akan mewakili Sumut pada Lomba Masak Serba Ikan tingkat nasional ke-17 di Jakarta. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Teknologi Yellow Laser Optimalkan Melasma

Waspada.co.id – Tampil cantik dan menarik menjadi gaya hidup para wanita Indonesia, namun terkadang banyak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.