_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Menkum HAM Ajak Komisi III Bahas Kembali Pasal Kontroversial di RKUHP
Menkumham Yasonna Laoly (Foto: Okezone)

Menkum HAM Ajak Komisi III Bahas Kembali Pasal Kontroversial di RKUHP

agregasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Laoly menginginkan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) kembali dibahas antara Komisi III dengan pemerintah.

“Ada beberapa substansi yang perlu kita bicarakan ulang, itu kita bicarakan ulang,” ungkap Yasonna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Menurut Yasonna, setidaknya ada 14 pasal yang dianggapnya krusial dan perlu disempurnakan. Sehingga nantinya tidak menimbulkan polemik di tengah masyarakat meskipun sudah pembahasan di tingkat I.

“Jadi memang kita harus kembali satu tahap untuk menyelesaikan beberapa pasal-pasal krusial,” tuturnya.

Sejatinya, lanjut Yasonna, polemik pasal-pasal tersebut dikarenakan ada kesalahpahaman masyarakat terdapat beberapa pasal.

“Ada kesalahpahaman di publik yang menanyakan sesuatu yang seharusnya tidak perlu ditanyakan. Ketidaktahuan masyarakat, kesalahpahaman, keselahmengertian dari beberapa pasal itu,” ujarnya.

Selain itu, dia menyatakan RKHUP dan RUU carry over yang berada di periode lalu bakal diusulkan masuk dalam program legislasi nasional (proglegnas) tahun 2020.

“Yang kita bahas pada periode yang lalu, ini sudah akan kita masukkan dalam prolegnas prioritas nanti carry over,” tuturnya.

Check Also

Wacana Koruptor Dihukum Mati, ICW: Revisi UU Tipikor, Bukan UU KPK

JAKARTA, Waspada.co.id – Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Tama Langkun, menilai ada salah ucap ketika ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.