_
Home / Artikel Pembaca / Mengulas Kembali Kritik Pejuang Pers Ani Idrus “Wanita Lebih Cinta Kemerdekaan Dibanding Laki-laki”

Mengulas Kembali Kritik Pejuang Pers Ani Idrus “Wanita Lebih Cinta Kemerdekaan Dibanding Laki-laki”

Oleh:
Sejarawan UNIMED – Ichwan Azhari

Waspada.co.id – Pada tanggal 15 Juni 1949 terbit No Pertama majalah Dunia Wanita yang dipimpin oleh Ani Idrus. Dia menamakan dirinya bukan pemimpin redaksi tapi “Pengemudi”.

Dalam edisi No. 3 Juli 1949 setelah memberitakan Jogyakarta dikembalikan ke republik dan istri Bung Karno dan istri Bung Hatta menangis menyambut kedatangan mereka, Sang “Pengemudi” Dunia Wanita, Ani Idrus menulis:

“Inilah bedanja kita wanita dari kaum laki2. Umumnja wanita2 lebih keras hatinja mentjintai kemerdekaan Indonesia dari kaum laki2. Dari itu bapak2 harus merasa malu terhadap wanita2 jang mana sekarang mempunjai hati jang sutji terhadap perdjuangan sekarang.

Masa datang hendaklah bapak2 merenungkan dan menginsjafi, apakah ia berdjuang sekarang untuk kepentingan rakjat atau untuk kepentingan diri sendiri? Sekarang bukan waktunja lagi bapak2 banjak2 omong seperti sandiwara, dan mentjari perpetjahan atau berebut-rebut kerosi.

Rakjat sudah tjukup lama menderita. Bersatu dan bekerdjalah dengan sepenuh tenaga dan perasaan sutji supaja rakjat lekas terlepas dari segala penderitaan dan supaja kita lekas mendapat kemerdekaan dan kedaulatan jang penuh. Tjamkanlah wahai bapak2!”

Mengapa Ani Idrus menulis keras seperti ini? Apa yang terjadi saat itu? Apa pula refleksi yang bisa kita ambil dalam situasi politik Indonesia yang sulit saat ini yang tetap didominasi laki laki? (**)

*Tulisan pernah dimuat pada Sudut Tempoe Doeloe Waspada Edisi 21 April 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.