_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Masyarakat Harus Pahami Seputar Kebijakan Perbankan
WOL Photo

Masyarakat Harus Pahami Seputar Kebijakan Perbankan

MEDAN, Waspada.co.id – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) meminta masyarakat untuk memahami berbagai kebijakan penting seputar perbankan.
Ini dilakukan agar simpanan mereka tidak ‘hangus’ saat bank tempat mereka menyimpan uang bermasalah.

Di sampikan Direktur Group Manajemen Risiko LPS, Dewi Gayatri, bahwa ini penting mengingat masih banyak persoalan yang terjadi di lapangan saat sebuah bank dinyatakan tutup oleh pemerintah.

“Dan masyarakat langsung panik, itu hal yang biasa. Namun menurut kami kepanikan itu karena mereka belum memahami soal jaminan dari LPS,” tuturnya di Medan, Selasa (5/11).

LPS menjamin uang ataupun simpanan dari nasabah akan dikembalikan sepanjang simpanan tersebut memenuhi 3 hal yang mereka sebut dengan istilah Kriteris Layak Bayar (KLB) yakni tercatat dalam pembukuan bank, tingkat suku bunga simpanan tidak melebihi suku bunga penjaminan LPS dan ketiga yakni nasabah tidak melakukan tindakan yang merugikan bank.

“Di mana tingkat suku bunga penjaminan LPS adalah 6,5 persen,” jelasnya.

Ditambahkan Kepala Divisi koordinasi stabilias sistem keuangan LPS, Fuad Zaen bahwa salah satu upaya untuk memastikan simpanan nasabah tercatat pada pembukuan bank.

“Salah satunya dapat dilakukan dengan memeriksa buku tabungan. Seringlah datang ke bank dan print buku tabungan. Sepanjang anda menabung di bank, maka yakinlah itu akan masuk ke dalam pembukuan bank, karena langsung masuk ke sistem mereka,” tandasnya.(wol/eko/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Investor Sumut Meningkat Hingga Oktober 2019

MEDAN, Waspada.co.id – Jumlah investor di Sumatera Utara terus meningkat. Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.