Mantul! Wagubsu Juara Tiga Umum Danau Toba Rally 2019

foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu
Iklan

PARAPAT, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, berhasil meraih juara 3 umum Danau Toba Rally 2019 Kejuaraan Nasional Putaran 3 sekaligus seri penutup tahun ini di Hutan Tanaman Industri PT Toba Pulp Lestari, Aek Nauli, Parapat, Simalungun, Minggu (24/11) kemarin.

Wagubsu menaiki podium bersama para juara lainnya saat penutupan di Pantai Bebas Parapat. Musa yang akrab disapa Ijeck bersama Uche selaku navigator mengendarai Subaru WRX Sti dari Bla Bla Bla Motorsport. Ijeck merebut juara ketiga umum dengan catatan waktu 1:50:27.7.

Catatan waktu ini mengalahkan pereli nasional asal Sulsel, Subhan Aksa/Mago Sarwono yang mengendarai Lancer Exo X dengan tim FBRT Sport dengan waktu 1:50:31.2. Selain itu, Ijeck mengungguli pebalap nasional Sean Gelael yang mengendari Citroen C3 R5 bersama Tony Sircombe dari Selandia Baru mewakili tim Jagonya Ayam dengan catatan 1:51:54.4.

Posisi pertama diraih HM Rihans Variza (Kalsel) dengan navigator Anthony Sarwono asal DKI dengan tim HRVRT BGM HBM BMB Rally Team. Mengendari Mazda 2 AP4, Variza/Sarwono mencatat waktu 1:44:00.2. Runner-up ditempati Rizky Prayoga (Kalsel)/navigator Donny Wardono (Jabar) dengan tim HRVRT BGM HBM BMB Rally Team mengendari Mitsubishi Lancer Evo X dengan waktu 1:50:17.7.

“Alhamdulillah hari pertama sempat peringkat 1 dan leg kedua ada trouble di Spesial Stage (SS) 8 ketika mobil saya keluar jalur dan tidak bisa melanjutkan lagi. Setelah itu lanjut SS 9, tapi kena penalti waktu. Jadi sekarang saya Alhamdulillah menempati posisi ketiga umum overall. Kami juga bersyukur masih bisa masuk tiga besar Kejurnas Putaran 3 ini,” ujar Ijeck.

iklan

Ijeck juga bercerita, ada satu pengalaman yang tak terlupakannya. Dirinya hampir saja celaka masuk jurang di SS 8. Namun dua batang kayu yang menahan mobilnya menjadi penyelamat Wagubsu.

Lanjut Ijeck, dirinya ingin World Rally Championship (WRC) 2022 bisa digelar di Danau Toba. Ijeck menilai Danau Toba cocok sebagai lokasi WRC karena ingin mempromosikan Danau Toba ke mancanegara.

“Kejuaraan dunia itu pastinya banyak tim besar datang dan banyak penonton datang dari negara lain. Pastinya juga media dari seluruh dunia datang meliput kegiatan. Itu akan menguntungkan negara dan daerah kita,” ujar Ijeck.

Namun, dirinya mengakui bahwa cita-cita ini tidak bisa hanya diwujudkan oleh Pemprovsu dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut saja, perlu dukungan pemerintah pusat. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan