_
Home / Pemilu / KPU Larang Mantan Napi Ikut Pilkada 2020
Istimewa

KPU Larang Mantan Napi Ikut Pilkada 2020

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menjelaskan, mengapa pihaknya kembali mengajukan draft agar mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, dan korupsi tak boleh ikut dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Kan harapan kita dicari orang yang betul-betul terbaik, karena dia harus menjadi contoh bukan sekadar dia mampu melaksanakan tugas-tugas kepemimpinannya,” ujar Arief di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/11/2019).

Karena itu, dia sangat mengharapkan sosok calon kepala daerah dapat memberikan contoh kepada masyarakat di wilayah yang dipimpimpinnya nanti.

“Maka harus kita cari betul-betul yang sangat baik, dalam tanda kutip dia harus sosok yang sempurna kira-kira seperti itu,” imbuhnya.

Sebetulnya dalam PKPU nomor 20 tahun 2018 sudah terdapat pelarangan terhadap mantan mantan narapidana kasus korupsi, bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, menjadi bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk menjadi calon anggota legislatif (caleg).

Namun, Hakim Agung membatalkan Pasal 4 ayat (3), Pasal 7 huruf g Peraturan KPU No. 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR dan DPRD Kabupaten/kota dan Pasal 60 huruf j Peraturan KPU Nomor 26 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota terkait larangan mantan narapidana kasus korupsi, bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, menjadi bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dalam Pemilu 2019.

Arief pun mengakui pihaknya sudah melakukan antisipasi jika nantinya usulan tersebut disetujui oleh DPR dan kemudian menimbulkan konflik bagi calon kepala daerah yang akan berlaga di Pilkada 2020. “Tentu KPU sudah mengantisipasi,” tandasnya. (okz/data3)

Check Also

Ditemui Partai Berkarya, Pengamat: PKS Butuh Backup Politik

JAKARTA – Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, menilai pertemuan elite Partai Berkarya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.