_
Home / Ragam / Kesehatan / Kampanye #Hands4Diabetes Edukasi Diabetes Sejak Usia Dini
Ilustrasi

Kampanye #Hands4Diabetes Edukasi Diabetes Sejak Usia Dini

Waspada.co.id – Saat ini diabetes masih menjadi momok yang perlu dilawan dan dicegah secara serius oleh masyarakat. Atas dasar itu Tropicana Slim kembali mengajak keluarga Indonesia cegah dan lawan diabetes melalui kampanye #Hands4Diabetes sekaligus untuk menyemarakkan Diabetes Day (Hari Diabetes Sedunia).

Menurut dr. Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD, Kepala Divisi Metabolik-Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM penderita diabetes saat ini jumlahnya semakin tinggi di Indonesia. Selain itu juga mulai menyerang usia penderita dengan usia semakin muda beberapa tahun belakangan ini.

“Berdasarkan data Riskesdas 2013, 90% dari total kasus diabetes merupakan diabetes tipe 2, yang umumnya terjadi pada orang dewasa, namun beberapa tahun terakhir makin banyak ditemukan pada usia dewasa muda di bawah 30 tahun bahkan pada anak-anak dan remaja. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan yang tepat terkait pencegahan diabetes di keluarga, ditambah lagi anak-anak yang suka jajan makan kurang sehat dan tinggi gula serta kurang aktivitas fisik, sehingga mengakibatkan anak berpotensi memiliki berat badan berlebih atau obesitas yang membuat mereka makin berisiko menderita diabetes”, ujarnya.

Ia juga berpendapat bahwa edukasi mengenai diabetes sangat penting untuk dilakukan setiap keluarga sejak dini.

“Inilah mengapa edukasi terkait diabetes sejak dini sangat penting di keluarga, baik kepada ayah, ibu, maupun anak, agar seluruh anggota keluarga Indonesia bisa sadar dan tahu cara yang tepat mencegah dan melawan diabetes. Jika tidak ditangani dengan baik, menurut World Health Organization, angka kejadian diabetes diprediksi akan melonjak hingga 21,3 juta jiwa pada 2040. Selain itu, dukungan seluruh keluarga sangat diperlukan bagi anggota keluarga yang sudah menyandang diabetes, seperti mengantarkan berobat, mengingatkan untuk selalu minum obat dan menyediakan makanan sehat, sehingga kadar gula darah dapat terkontrol baik dan penderita diabetes dapat terhindar dari komplikasi-komplikasi yang mengancam nyawa maupun menurunkan kualitas hidup”, tambah dr. Dante.

Selain itu, Tropicana Slim Brand Manager, Noviana Halim menjelaskan Semakin banyaknya pilihan makanan minuman manis kekinian saat ini menjadi godaan bagi masyarakat Indonesia, mulai dari jajanan sekolah anak-anak hingga orang dewasa. Dalam #Hands4Diabetes tahun ini, Tropicana Slim memperkenalkan beberapa varian terbarunya Tropicana Slim yang bebas gula dan bercita rasa tinggi, seperti Tropicana Slim Honey alternatif pengganti gula yang rendah kalori, Topping Kental Manis Bebas Gula, serta Santan Less Fat atau Rendah Lemak, sebagai alternatif pelengkap makanan minuman yang lebih sehat dan tetap enak bagi keluarga Indonesia.

“Sebagai Brand yang selama lebih dari 40 tahun konsisten menginspirasi keluarga Indonesia hidup sehat melalui serangkaian produk sehat dan bercita rasa tinggi, Tropicana Slim konsisten mengajak keluarga Indonesia cegah diabetes sejak dini melalui cek gula darah secara berkala, aktif bergerak, menjaga pola makan serta edukasi batasi asupan gula”, ungkap Noviana.

Ia juga menjelaskan atas dasar tersebut pihaknya menggelar senam sehat #Hands4Diabetes 2019 sebagai bentuk kampanye untuk menjaga hidup sehat dan mengenal diabetes sejak usia dini di keluarga.

“Senam Sehat #Hands4Diabetes 2019 dilaksanakan serentak dan secara live di 37 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Semarang, Solo, Jogja, Tegal, Surabaya, Malang, Kediri, Aceh, Medan, Pekanbaru, Pematangsiantar, Batam, Jambi, Palembang, Bandar Lampung, Samarinda, Banjarmasin, Palangkaraya, Pontianak, Makassar, Manado, Gorontalo, Palu, Kendari, Denpasar, Mataram, Ambon dan Jayapura”, tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.