_
Home / Sumut / Kades Batu Sundung Ditangkap Kejari Paluta Karena Korupsi Dana Desa
WOL Photo

Kades Batu Sundung Ditangkap Kejari Paluta Karena Korupsi Dana Desa

PALUTA, Waspada.co.id – Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang Lawas Utara (Paluta) menetapkan mantan Kepala Desa Batu Sundung Kecamatan Padang Bolak inisial MGS sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan Dana Desa Batu Sundung Tahun Anggaran (TA) 2018.

“Yang bersangkutan telah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara tersebut,” ungkap Kajari Paluta, Andri Kurniawan SH MH melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Budi Darmawan SH, Senin (25/11).

Dijelaskan, MGS dijeput paksa penyidik dari Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Upaya paksa dilakukan karena yang bersangkutan tiga kali mangkir dari panggilan penyidik.

“Kami telah melakukan pemanggilan secara layak, pada 14, 18, dan 20 November 2019. Namun yang bersangkutan tidak pernah menghadiri panggilan tersebut,” terangnya.

Selanjutnya, kata dia, penyidik melacak keberadaan MGS dan diketahui berada di Desa Gunung Selan Kecamatan Arga Makmur, Bengkulu Utara. Kemudian tim penyidik dibantu tim Kejari Bengkulu Utara berangkat menuju lokasi dan tiba di rumah MGS, Senin sekira pukul 10.30 WIB.

“Tim awalnya disambut oleh istri MGS, karena yang bersangkutan sedang mandi. Setelah selesai mandi dan berpakaian, petugas menyampaikan maksud dan tujuan. Lalu dia kami bawa ke Kejari Bengkulu Utara untuk dilakukan pemeriksaan. Kita telah menetapkan MGS sebagai tersangka dan selanjutnya dibawa menuju Kejari Paluta di Gunung Tua,” lanjutnya.

Budi pun menjelaskan kronologis perkara yang menjerat MGS. Menurutnya, tersangka selaku Kepala Desa Batu Sundung tahun 2018 menerima alokasi Dana Desa sebesar Rp716.031.016.

“Namun uang tersebut tidak dikelola sesuai dengan ketentuan di mana adanya kekurangan volume pada pembangunan tembok penahan tanah dan kegiatan-kegiatan yang tidak dapat dipertanggung jawabkan,” tandasnya.

“Sesuai dengan hasil Laporan Pemeriksaan Khusus Inspektorat Daerah Paluta ditemukan potensi kerugian keuangan negara sebesar Rp716.031.016,” pungkasnya.(wol/bon/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Komisioner KPU Wahyu Setiawan Tunjuk Enam Orang Kuasa Hukum

JAKARTA, Waspada.co.id – Tersangka dugaan penerima suap atas kasus Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.