_
Home / Sports / Internasional / Jorge Lorenzo Resmi Pensiun Dari MotoGP
Jorge Lorenzo Resmi Pensiun Dari MotoGP

Jorge Lorenzo Resmi Pensiun Dari MotoGP

VALENCIA, Waspada.co.id – Setelah rumor belaka dalam beberapa pekan terakhir, Jorge Lorenzo akhirnya resmi mengumumkan pensiun dari MotoGP pada konferensi pers di Valencia, Kamis (14/11).

Dengan demikian, seri MotoGP Valencia 2019 akan menjadi balapan terakhir bagi Lorenzo. Salah satu alasan di balik keputusan pensiun adalah rentetan hasil buruk yang terus diraih sejak bergabung dengan Repsol Honda.

Selain kesulitan menyatu dengan motor Honda yang terlampau liar, Lorenzo semakin dipusingkan cedera tulang belakang yang membuatnya absen hampir dua bulan. Cedera tersebut memang salah satu risiko paling fatal yang dialami pmbalap karena dapat menyebabkan kelumpuhan.

Di era modern MotoGP, Lorenzo dianggap sebagai salah satu pebalap paling fenomenal. Gaya berkendara halus milik X Fuera masih dianggap sebagai cara terbaik untuk memaksimalkan potensi motor Yamaha.

Lima gelar juara dunia berhasil diraih Lorenzo. Dua gelar juara dari kelas 250cc (2006, 2007) dan tiga gelar dari kelas MotoGP (2010, 2012, 2015). MotoGP 2010 menjadi musim terbaik bagi pebalap asal Mallorca yang lahir pada 4 Mei 1987 itu.

Merebut 16 hasil podium dengan sembilan kemenangan, Lorenzo mencetak rekor raihan poin terbanyak dalam semusim dengan 383 angka. Rekor poin terbanyak milik Lorenzo tersebut bertahan selama sembilan tahun sebelum dipecahkan oleh Marc Marquez musim ini.

“Saya selalu berpikir ada empat hari penting dalam kehidupan seorang pebalap, yakni balapan pertama Anda, kemenangan pertama, kejuaraan dunia pertama, dan kemudian hari Anda pensiun,” kata Lorenzo saat temu pers.

“Seperti yang Anda sudah bayangkan sebelumnya, saya di sini untuk mengumumkan bahwa hari ini telah tiba saatnya bagi saya. Ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP,” tuntas Lorenzo. (wol/aa/motogp/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Juarai MotoGP Australia, Sensasi Marquez Belum Berakhir

PHILLIP ISLAND,Waspada.co.id – Seakan belum cukup gelar juara dunia MotoGP 2019, Marc Marquez kembali meraih titel ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.