_
Home / Medan / Jokowi Diminta Naikkan Gaji Buruh dan Cabut Edaran Upah Murah
WOL Photo

Jokowi Diminta Naikkan Gaji Buruh dan Cabut Edaran Upah Murah

MEDAN, Waspada.co.id – Ratusan kaum buruh yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Wilayah Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (DPW-FSPMI) Sumatera Utara berunjuk rasa di depan Kantor DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Rabu (6/11).

Dalam orasinya, Ketua DPW FSPMI Sumut, Willy Agus Utomo, meminta kepada Presiden Joko Widodo dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, mencabut kebijakan surat edaran Menteri Ketenagakerjaan mengenai upah murah.

Agus mengungkapkan, dalam pertemuan dengan para Pimpinan Konfederasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh Indonesia pada tanggal 26 April 2019 di Istana Kepresidenan, Jokowi berjanji akan merevisi kebijakan upah murah.

“Namun kenyataannya, bukan merevisi aturan PP No. 78 Tahun 2015 tersebut. Bahkan Menteri Ketenagakerjaan Periode 2014-2019, Hanif Dhakari, melalui surat edarannya mengintruksikan kepada seluruh Gubernur se-Indonesia agar menetapkan kenaikan upah Tahun 2020 hanya naik sebesar 8,51persen,” ungkapnya.

Kebijakan upah yang naik sebesar 8,51 persen, kata Agus, di tengah kondisi perekonomian pemerintahan Jokowi yang sedang sulit. Sehingga memberlakukan kebijakan yang mencekik kaum buruh dan rakyat miskin dengan menaikan iuran BPJS sebesar 100 persen yang akan mulai berlaku pada Januari 2020.

“Padahal sehat hak dasar rakyat yang seharusnya mendapat jaminan gratis,” tegasnya.

Selain mencabut kebijakan upah murah, Agus juga menuntut agar pemerintah Jokowi untuk menaikkkan gaji buruh sebesar 15 persen.

“Kami minta kepada Presiden Jokowi untuk menaikkan upah buruh sebesar 15 persen dan menolak kenaikan iuran BPJS,” pungkasnya.(wol/ryan/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Silaturahim Dengan Warga Sumut di Jakarta, Gubsu Ajak Bangun Daerah

JAKARTA, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) kembali menggelar acara silaturahmi dengan masyarakat Sumut yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.