_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Jadi Kabaharkam Polri, Firli Bahuri Tolak Bicara soal KPK
Firli Bahuri usai terpilih jadi Ketua KPK (Okezone.com/Harits)

Jadi Kabaharkam Polri, Firli Bahuri Tolak Bicara soal KPK

agregasi

JAKARTA – Komjen Firli Bahuri resmi menjabat Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri. Padahal, pada Desember 2019, dia akan dilantik menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Apa komentar Firli soal masa kerjanya yang singkat sebagai Kabarharkam?

“Pekerjaan tidak hanya bisa dilihat dengan waktu. Tetapi bagaimana kami melakukan sesuatu melalui proses dan hasil,” kata Firli usai dilantik jadi Kabaharkam di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019).

Karena baru dilantik jadi Kabaharkam, Firli Bahuri enggan bicara soal KPK. Alasannya ia ingin fokus pada jabatannya.

“Saya belum bicara kalau soal KPK. Karena hari ini saya masih Kabarhakam. Kamu fokus dulu kepada Kabarhakam,” ujar Firli yang mantan Kapolda Sumatera Selatan.

Firli Bahuri sudah dipilih oleh DPR RI sebagai Ketua KPK periode 2019-2023. Masuknya Firli Bahuri dalam daftar pimpinan KPK sempat menuai pro kontra. Akademisi dan aktivis antikorupsi menolak Firli memimpin KPK karena track recordnya dinilai buruk. Sementara DPR dan partai politik mendukung Firli.

Namun, meski sudah jadi Ketua KPK terpilih, Firli Bahuri yang masih aktif sebagai perwira tinggi Polri tetap dipromosikan jadi Kabaharkam oleh Tito Karnavian yang saat itu masih menjadi Kapolri sebelum mundur untuk menerima jabatan Mendagri dari Presiden Jokowi.

Firli Bahuri dilantik dan diambil sumpah sebagai Kabaharkam oleh Kapolri Jenderal Idham Azis di Gedung Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta, pagi tadi.

Sebelumnya, jabatan Kabaharkam diisi oleh Komjen Condro Kirono yang kini diangkat sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Selain Kabarham, Kapolri juga melantik beberapa pejabat tinggi lainnya seperti Irjen Priyo Widyanto yang menjadi Kapolda Sumatera Selatan pengganti Firli Bahuri.

Priyo sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Timur. Jabatan yang ditinggalkan Priyo kekinian diisi oleh Irjen Muktiono. Selanjutnya, Irjen Refdi Andri yang sebelumnya menjabat sebagai Kakorlantas Polri, kini diangkat sebagai Koorsahli Kapolri.

Kemudian Brigjen Istiono yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsa Kepulauan Bangka Belitung kini dipromosikan jadi Kakorlantas Polri.

Jabatan Kapolda Kepulauan Bangka Belitung akan diisi oleh Dirpoludara Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Anang Syarif Hidayat.

Check Also

Jokowi Buka Peluang Hukum Mati Koruptor, DPR: Ini Peringatan Keras!

JAKARTA – Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad mengapresiasi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.