_
Home / Ragam / Gaya Hidup / Ini Loh Yang Harus Dikuasai Sebelum Terjun Dibisnis Lundry Tas dan Sepatu
WOL Photo/Ega Ibra

Ini Loh Yang Harus Dikuasai Sebelum Terjun Dibisnis Lundry Tas dan Sepatu

Waspada.co.id – Berkembangnya fashion di dunia dengan beragam model dan bahan dasar pembuatan pakaian ternyata juga berimbas pada menjamurnya bisnis jasa pencucian pakaian atau yang biasa disebut laundry. Bahkan, saat ini penyedia jasa laundry sudah mulai merambah ke pencucian sepatu dan tas.

Seperti yang diungkapkan oleh Putra, founder produk E’Xito pembersih sepatu khusus laundry bahwa saat ini bisnis dibidang laundry sepatu dan tas sangat menjanjikan. Pelaku laundry sepatu dan tas dapat memulai usahanya di rumah dengan modal yang minim.

“Jadi bisnis laundry sepatu dan tas ini bisa dilakukan di rumah, jika tau penerapannya akan menguntungkan,” ujarnya saat memberikan pelatihan kepada para anggota Sahabat Laundry Sumatera Utara (Salut) di Medan, Sabtu (30/11).

Putra juga menambahkan, agar berhasil di bisnis laundry tas dan sepatu pelaku usaha juga harus memperhatikan hal-hal yang dapat mendongkrak branding dari usaha laundry itu. Misalnya pelaku usaha harus memiliki sertifikasi pelatihan laundry profesional, memakai produk yang berkualitas serta paham dalam hal treatment sepatu dan tas agar tidak merugikan pelanggan.

“Selain itu, pelaku usaha laundry juga harus bisa memperkuat branding usaha laundry mereka, karena itu inti dari pelatihan bersama Salut kita lakukan hari ini. Selain untuk branding dengan latihan para pelaku juga dapat meningkatkan pendapatan dengan cara yang tepat dan tidak merugikan pelanggannya,” jelasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Rocky Ahmad Panjaitan, Direktur Salut. Kegiatan pelatihan yang dilakukan hari ini bertujuan meningkatkan pengetahuan para pelaku usaha laundry tas dan sepatu agar lebih profesional yang berimbas kepada pendapatan dan kemajuan usaha mereka.

“Jadi kita undang langsung Putra, founder dari E’Xito, agar melakukan pelatihan seperti pengenalan bahan, pengenalan chemical (cairan kimia), teknik cuci tanpa air, teknik mewarnai ulang canvas dan kulit, perawatan tas dan sepatu, serta menghilangkan noda kuning (unyellowing),” ungkapya.

Rocky mengatakan untuk pelatihan ini awalnya pihak Salut sebagai penyelenggara hanya menargetkan peserta 15 orang, tetapi karena tingginya animo peserta yang mendaftar hampir dua kali lipatnya.

“Peserta yang mendaftar lebih dari dua puluh, bahkan peserta terjauh pada pelatihan ini ada yang dari Pulau Samosir. Itu menandakan tingginya minat peserta untuk mengikuti pelatihan ini,” pungkasnya. (wol/ega/data2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.