_
Home / Ragam / Hiburan / Indonesia Menari 2019 Junjung Nilai Kebudayaan
Foto: Indonesia Kaya

Indonesia Menari 2019 Junjung Nilai Kebudayaan

MEDAN, Waspada.co.id – Sebanyak 7.000 peserta ramaikan Indonesia menari 2019 yang digelar www.indonesiakaya.com di 7 kota di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Medan, Makassar dan Palembang.

Indonesia Menari 2019 mengajak masyarakat untuk lebih dekat dengan tarian tradisional Indonesia yang dikemas secara modern.

Untuk pertama kalinya, Indonesia Menari 2019 hadir di Kota Medan yang dilaksanakan di Sun Plaza dengan kehadiran pesinetron Syifa Hadju dan Kenny Austin serta hiburan oleh Maria Callista. Sebanyak 800 peserta mengikuti Indonesia Menari 2019.

Program Director www.indonesiakaya.com,
Renitasari Adrian menuturkan bahwa meski masih baru pertama mengikuti kegiatan Indonesia menari, antusias peserta di Medan sangat luar biasa. Baik dilihat dari tarian ataupun kostum tariannya.

“Dilihat dari kostum, Medan lebih heboh dari kota lainnya, ada yang mengenakan pakaian adat Bali, Padang, Jawa, Batak dan lainnya. Kedepan, peserta di Medan diharapkan dapat lebih “matang” lagi,”tuturnya.

Indonesia Menari ini, menunjukkan betapa kayanya Indonesia dengan keanekaragaman budaya. Menurutnya, anak-anak muda Indonesia rindu dengan panggung seperti ini.

“Berharap apa yang dilakukan mereka dapat menginspirasi pihak lain agar membuat kegiatan yang berhubungan dengan budaya Indonesia. Indonesia Menari diharapkan dapat memperkenalkan kembali gerakan tari Indonesia melalui medium populer seperti tari massal sehingga dapat mendekatkan kembali masyarakat dengan budaya Indonesia dengan pengemasan yang lebih menarik, modern dan kekinian,” katanya.

Indonesia Menari dilangsungkan dengan bentuk tarian massal koreografi yang menggabungkan gerakan tari tradisional nusantara dan tarian modern dengan durasi empat menit yang diiringi musik tradisi yang diaransemen. Tahun ini, www.indonesiakaya.com menggaet produser musik muda Indonesia, Jevin Julian untuk menggarap musik Indonesia Menari.

Sebanyak 6 lagu daerah yaitu Anging Mamiri, Ondel-Ondel, Sik Sik Si Batu Manikam, Dek Sangke, Gundul-Gundul Pacul dan Manuk Dadali diaransemen dengan musik bernuansa elektronik khas Jevin Julian.

Salah satu pemenang mewakil Ai Ai Dancer Medan, Cindy mengaku senang dapat menjadi pemenang utama dalam Indonesia Menari.

“Pakaian kostum yang kita kenakan dengan memadukan pakaian tradisional Batak Toba dan pakaian nasional. Untuk tariannya, kami rutin latihan sekitar 3 Minggu dan kostumnya sekitar seminggu,” tandasnya.(wol/rls/data3)

Check Also

Hati-Hati, Minuman Kekinian Ternyata Berbahaya Loh!

Waspada.co.id – MINUMAN kekinian seperti buba dan kedai kopi, memang sangat menggiurkan bagi konsumen. Bagaimana ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.