_
Home / Sumut / Ilyas Sitorus: Dewan Pendidikan Berperan Tingkatkan Mutu Pendidikan
WOL Photo

Ilyas Sitorus: Dewan Pendidikan Berperan Tingkatkan Mutu Pendidikan

Batubara, Waspada.co.id – Keberadaan Dewan Pendidikan di Kabupaten Batubara diharapkan meningkatkan mutu pendidikan. Sejalan itu, Dewan Pendidikan juga dapat memberikan pertimbangan dukungan sekaligus mengawasi dan mediasi kepentingan pendidikan di Batubara.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Batubara, Ilyas Sitorus, saat membuka Sosialisasi Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Pembinaan Dewan Pendidikan di Kantor Dinas Pendidikan Batubara, Kamis (21/11).

“Dalam era revolusi industri 4.0, sistem pendidikan nasional dihadapkan pada tantangan yang amat kompleks tetapi menarik. Karena itu, tenaga pendidik dan kependidikan harus transfer of knowledge. Dalam mengelola pendidikan yang akan memberikan kepada peserta didik, kita dituntut tidak boleh gaptek,” ujar ilyas.

“Kita berubah dari semula menjadi pemberi pengetahuan menjadi mentor, fasilitator, motivator, inspirator, pengembang imajinasi, kreativitas, nilai-nilai karakter serta team work dan empati sosial karena nilai-nilai itulah yang tidak dapat diajarkan oleh mesin,” sambungnya.

Selaku narasumber, DR Darwin ST MPd menuturkan semua pihak harus terlibat untuk meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu, diperlukan sinergisitas bersama membangun komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan di Batubara.

“Untuk meningkatkan mutu pendidikan, semua pihak harus terlibat. Tak hanya itu, harus ada komitmen bersama. Harus ada kemauan yang kuat, tekat yang tinggi, keinginan mendalam serta menjadi janji diri,” kata Wakil Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Medan (Unimed) ini.

Darwin juga menjelaskan identifikasi permasalahan pendidikan, di antaranya permasalahan kesiswaan dan lulusan, tenaga pendidik dan kependidikan, kurikulum, proses pembelajaran, sarana prasarana serta kelembagaan dan pengelolaan. Lalu, permasalahan soal kebijakan dan masih adanya keengganan berorientasi mutu. (wol/aa/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Edy Harapkan Karang Taruna Sinergi Bangun Desa Menata Kota

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, mengharapkan Karang Taruna Sumut dapat bersinergi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.