_
Home / Medan / Hewan Peliharaan Serang Warga, Butong: Pemko Medan Belum Serius Sosialisasikan Perwal 26/2013
Surianto SH (WOL Photo)

Hewan Peliharaan Serang Warga, Butong: Pemko Medan Belum Serius Sosialisasikan Perwal 26/2013

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota Komisi II DPRD Medan, Surianto SH, mendesak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di jajaran Pemko Medan untuk lebih proaktif lagi mensosialisasikan Perda Kota Medan Nomor 13/2010 tentang Larangan Ternak Hewan Kaki Empat kepada masyarakat. Penegasan itu ia katakan menyikapi adanya seorang anak di Kecamatan Medan Deli digigit anjing jenis Pitbull belum lama ini.

“Kita perda sudah ada. Perda 13/2010 tentang Larangan Ternak Hewan Kaki Empat. Ditambah lagi Perwal 26/2013 tentang Larangan Peternakan Hewan Kaki Empat. Itu saja jadi pedoman Dinas Kesehatan Medan untuk bekerja. Supaya apa, nggak ada lagi kejadian warga digigit anjing ganas, atau yang masih hangat di telinga bangkai babi menumpuk di Kota Medan,” tegasnya, Sabtu (30/11).

Lebih lanjut Ketua Fraksi Gerindra DPRD Medan ini berpendapat, tidak menutup kemungkinan kalau di Kota Medan masih ada warga yang memelihara hewan ternak kaki empat. Baik itu yang benar-benar dilarang atau hanya sekedar memelihara (dalam jumlah satuan).

“Nah, apa semua hewan peliharaan di Medan itu sehat semua? Dinas Kesehatan Medan apa sudah periksa semua hewan peliharaan yang di Kota Medan? Jangan menunggu laporan dari si pemilik, tapi harus jemput bola. Sekali lagi tujuannya untuk mencegah kejadian Mishael berikutnya,” sarannya.

Butong sapaan akrab pria bertubuh gempal ini, mengaku anggota DPRD Medan periode 2014-2019 lalu berkewajiban mensosialisasikan semua peraturan daerah yang telah disahkan antara legislatif dan eksekutif, termasuk Perda 13/2010 tentang Larangan Ternak Hewan Kaki Empat ke tengah-tengah masyarakat.

“Maunya kita gayung bersambut lah. Masyarakat juga jangan open nggak open. Masyarakat sekarang harus peduli dan mau mencari informasi semua yang berkaitan dengan Kota Medan. Kalau nggak kita mulai dari sekarang, kapan lagi kita mau peduli dengan kota kita ini,” imbuhnya.

“Kepada seluruh dinas di jajaran Pemko Medan, seriuslah bekerja. Harus jeli melihat keadaan. Apa yang dibutuhkan masyarakat langsung direspon, dan jangan dikritik dulu baru sadar,” ketusnya mengakhiri.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Fraksi-fraksi Sampaikan Pandangan Umum Tentang Adminduk dan Kearsipan

MEDAN, Waspada.co.id – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution MSi, diwakili Sekretaris Daerah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.