Heboh Isu Jokowi Bakal Pecat Prabowo

ANTARA
agregasi

KANAL Youtube (Yt) Pojok Dunia mengunggah sebuah video yang diberi judul “Jokowi Ancam Pecat Prabowo, Ini Alasannya”. Video tersebut diupload sejak 23 November 2019 dan telah disaksikan oleh lebih dari 60 ribu pengguna Yt lainnya. Namun, kanal ini menampilkan thumbnail yang bertuliskan “JOKOWI KALAH PAMOR, PRABOWO TERANCAM DICOPOT!!!”

Tak hanya itu, oleh akun Facebook (FB) bernama Rana O’neil membagikan tangkapan layar yang juga tampak judul video di sebuah grup public bernama Manusia Merdeka. Di atas thumbnail terdapat narasi “WADUH, KALAH SAING BIKIN SAKIT HATI, JOKOWI AKAN COPOT PRABOWO??”.

Selain itu, akun FB Rana O’neil juga menyertakan caption dalam unggahannya di grup public Manusia Merdeka itu sebagai berikut: “SUNGGUH MIRIS PEMERINTAH ZAMAN NOW BAGAIMANA TANGGAPAN SAUDARA SEBAGAI RAKYAT NKRI,,,??? SEPERTINYA KEJUJURAN AKAN HILANG DI TUBUH PEMERINTAHAN”.

(foto : Facebook)

Unggahan FB milik Rana O’neil pun disukai oleh 250 kali oleh pengguna FB dan telah dibagikan sebanyak 114 kali.

Hasil penelusuran yang dilakukan Bentang Febrylian, salah seorang relawan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), ditemukan fakta bahwa narasi yang terdapat dalam video yang diunggah oleh kanal Pojok Dunia berasal dari artikel milik Tribunnews(dot)com berjudul “Jubir Istana Fadjroel Rachman Pastikan Prabowo Subianto Dicopot dari Menhan oleh Jokowi Jika” dan artikel dari Tempo(dot)co berjudul “Prabowo Dorong Pemerintah Ghana Beli Alutsista Buatan Indonesia”.

Dari kedua artikel tersebut, narasi yang diterbitkan oleh Tribunnews(dot)com berisi pernyataan Juru Bicara Istana, Fadjroel Rachman mengenai penegasan terhadap Menteri di Kabinet Indonesia Maju yang akan dicopot jika tidak serius dalam bekerja. Dalam unggakapannya, Fadjroel menyebut bahwa Jokowi tidak akan tebang pilih dalam memberikan sanksi terhadap Menteri yang tidak serius bekerja.

“Jadi, bisa disimpulkan bahwa tidak terdapat narasi yang menyebut secara spesifik mengenai ancaman Jokowi copot Prabowo akibat kalah pamor, seperti halnya unggahan Facebook milik Rana O’neil,” kata Bentang dalam ulasan cek faktanya, Rabu (27/11/2019).

Sementara narasi yang terdapat dalam Tempo(dot)co juga tidak mempunyai sangkut paut dengan pemberitaan pencopotan Menteri yang tidak serius dalam bekerja. Artikel tersebut berisi pemberitaan mengenai, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang menerima kunjungan dari Menteri Pertahanan Ghana, Dominic BA Nitiwul. “Ini juga dapat disimpulkan tidak terdapat narasi seperti halnya yang disebutkan oleh akun FB Rana O’neil,” tuturnya.

Dengan demikian, kata Bentang, klaim yang disebutkan oleh akun FB Rana O’neil tentunya tidak sesuai dengan fakta dan mengarah kepada Misleading Content atau konten yang menyesatkan. “Konten tersebut bisa mengarah kepada tafsir yang salah dan bisa mengecoh atau menggiring opini para pembaca,” tegasnya.