_
Home / Sumut / Guru Harus Dapat Bantu Kembangkan Potensi Siswa
foto: WOL Photo

Guru Harus Dapat Bantu Kembangkan Potensi Siswa

Batubara, Waspada.co.id – Salah satu tujuan penting pembelajaran adalah mengembangkan potensi siswa. Dari sekian banyak potensi, kreativitas merupakan potensi yang sangat penting dalam hidup siswa.

Demikian dikatakan Plt Kadisdik Kabupaten Batubara, Ilyas Sitorus, saat membuka Pelatihan Praktik Baik Pembelajaran Modul II Kelas Rendah di SDN Sei Suka Deras, Kabupaten Batubara, Selasa (19/11).

Ilyas menambahkan pendekatan pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi tersebut antara lain ‘Pendekatan Belajar Aktif’. Pendekatan tersebut telah lama dikenal para guru di Indonesia atau sejak tahun 1979 silam. Namun, kualitas penerapannya di sekolah masih perlu ditingkatkan.

“Guru sangat perlu memiliki pemahaman yang baik tentang pendekatan tersebut untuk mendukung peran penting mereka dalam mengembangkan potensi siswa,” ujar Ilyas.

Mengulang pembicaraannya dalam diskusi beberapa waktu lalu, Ilyas menyebutkan bahwa Tanoto Foundation dalam melaksanakan Program PINTAR di Modul I telah mengembangkan pendekatan, di antaranya Pendekatan Belajar Aktif, pertanyaan produktif, imajinatif, dan terbuka serta pengelolaan kelas.

Mewakili Tanoto Foundation, Bobby Widanto mengatakan pihaknya dalam Modul 1 telah menunjukkan hasil kegiatan dan pendampingan melalui show case di tingkat kabupaten. Implementasi modul 1 juga dilakukan di luar sekolah mitra melalui diseminasi program PINTAR oleh pemerintah daerah di kabupaten mitra.

Dikatakan, modul 2 merupakan pengembangan dari modul 1 yang secara teknis mengenalkan kerangka berpikir secara umum tentang pendekatan pembelajaran aktif. Sementara itu, modul 2 meletakkan kerangka berpikir tersebut pada karakterisik tiap mata pelajaran.

Peserta pelatihan modul 2 dibagi dalam dua gelombang. Untuk Kelas Awal/Rendah dilaksanakan pada 19-21 November 2019 mewakili mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Literasi Kelas Awal, sedangkan gelombang 2 untuk Kelas Tinggi dilaksanakan pada 26-28 November mendatang mewakili pelajaran IPA, IPS, dan Matematika.(wol/aa)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Rekanan Kabur, SMA Negeri 1 Simangambat Tak Kunjung Selesai

PALUTA, Waspada.co.id – Sudah jatuh, ketimpa tangga. Perumpamaan inilah yang layak disematkan kepada siswa SMAN ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.