_
Home / Sumut / Gubsu Antar Jenazah Tuan Guru Besilam ke Pemakaman
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Gubsu Antar Jenazah Tuan Guru Besilam ke Pemakaman

PADANGTUALANG, Waspada.co.id – Bersama ribuan jemaah dari berbagai daerah di Indonesia, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menyalatkan dan mengantarkan jenazah almarhum Tuan Guru Besilam Babussalam Syekh H Hasyim Al-Syarwani ke pemakaman di Kompleks Nosah Pesantren Babussalam, Padangtualang, Langkat, Minggu (17/11).

Sebelum disalatkan, Gubernur duduk di samping jenazah dan keluarga. Sambil mengangkat tangan, Gubsu pun memanjatkan doa. Diberi kesempatan untuk menyampaikan ungkapan belasungkawa, Edy mengutip ayat Alquran Surah Al A’raaf ayat 34.

“Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya,” ucap Edy.

“Siapa yang tidak sedih, sosok seorang ayah, seorang guru telah meninggalkan kita. Kita semua bersedih, namun ilmu yang sudah diberikan Almarhum hendaknya senantiasa kita ingat dan amalkan di dunia ini, di mana tujuannya untuk kebaikan seluruh umat,” tambah Edy mengingatkan.

Menutup ucapan dan sambutannya, Gubsu mengajak ribuan hadirin melafazkan surah Al Fatihah sebagai doa kepada almarhum. Selanjutnya, Gubsu dan ribuan jamaah turut menyalatkan jenazah. Selain itu, Edy turut mengantarkan jenazah ke pemakaman.

Sebelumnya, anak Tuan Guru Besilam Babussalam M Zamroni mengatakan selama ini Tuan Guru Besilam memang memiliki riwayat penyakit jantung. Namun, penyakit tersebut tidak pernah dikeluhkan oleh almarhum.

“Kami sempat jalan-jalan ke Jakarta, di sana kami bertemu Dahlan Iskan. Kemudian, kita sempat ke salah satu rumah sakit dan saat itu dokter mendiagnosis beliau mengidap penyakit jantung,” ucap Zamroni.

Diketahui, Tuan Guru Syekh H Hasyim Al-Syarwani adalah pimpinan Pondok Pesantren Tuan Guru Babussalam, tarekat Naqsabandiyah terbesar di Asia Tenggara yang berpusat di Besilam, Kabupaten Langkat. Beliau tutup usia pada usia 82 tahun di RS Colombia Asia Medan, Sabtu (16/11) kemarin. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Gubsu Ajak Semua Pihak Sinergi Tingkatkan Investasi

MEDAN, Waspada.co.id – Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Provinsi Sumatera Utara (Sumut), seluruh pihak diajak untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.