_
Home / Sumut / Dua SDN di Paluta Ini Terabaikan
WOL Photo

Dua SDN di Paluta Ini Terabaikan

PALUTA, Waspada.co.id – Sungguh disayangkan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 102080 Garing Desa Jambu Tonang Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta). Sekolah dasar yang dulunya adalah cabang dari SDN 101770 yang berada di Desa Induk di seberang Sungai Barumun itu sangat memperihatinkan.

Pasalnya setelah berpisah dari SDN induknya, kini keadaannya semakin tidak terawat. Selain fasilitas sekolah untuk belajar mengajar yang kurang baik, fasilitas mandi cuci kakus (MCK)-nya juga kurang terawat alias tidak ada yang bisa dipergunakan lagi.

Hal itu juga di perparah oleh para guru yang kurang memadai. Ditambah lagi dengan kepala sekolah yang jarang sekali datang untuk melihat peroses belajar mengajar di sekolah tersebut.

Salah seorang wali murid, Taman Harahap (43), mengatakan keadaan sekolahnya memang sudah begitu dari dulu. “Memang parahnya bapak kepala sekolahnya nggak pernah mau datang. Jarang kali nampak bapak itu,” bebernya, Kamis (21/11).

Salah seorang guru honor yang tidak mau disebutkan namanya membenarkan bahwa bapak Darman Hasibuan selaku kepala sekolah jarang sekali hadir malah sampe berbulan-bulan.

Sama halnya SDN 102030 Desa Pasir Lancat Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Paluta. SD yang dibangun sekitar tahun 2010 hampir tidak jauh berbeda dari SDN 102080 Garing Desa Jambu Tongan. Kepala sekolah jarang hadir untuk melihat peroses belajar mengajar di SD tersebut dan minimnya pasilitas penunjang belajar mengajar di SD tersebut.

Salah seorang wali murid yang sedang duduk di bangku Kelas 5 SDN 102030 Desa Pasir Lancat, Paisol Hasibuan (42), mengatakan seharusnya Dinas Pendidikan Paluta harus peka terhadap kepala sekolah yang tak kunjung hadir untuk memimpin sekolah tempat dia mengabdi. “Ya kalau kepala sekolahnya bandal tak mau hadir, pindahkan aja atau bila perlu pecat aja,” ketusnya.

Hingga berita ini diturunkan, Waspada Online tidak berhasil mengkomfirmasi kedua kepala sekolah tersebut melalui telefon selularnya.(wol/bon/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

15 Bangunan di Padang Bolak Hangus Terbakar

PALUTA, Waspada.co.id – Sebanyak 5 unit rumah warga dan 10 unit rumah toko (ruko) dalam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.