_
Home / Medan / DPRD Medan: Memutus Mata Rantai Kelompok Radikal Harus Sejak Dini
WOL Photo

DPRD Medan: Memutus Mata Rantai Kelompok Radikal Harus Sejak Dini

MEDAN, Waspada.co.id – Secara geografis wilayah Medan Utara masih tertinggal dalam hal pembangunan, jika dibandingkan dari kawasan lainnya yang ada di Kota Medan. Sebab, di kawasan ini pemerintah pusat maupun Kota Medan fokus membangun sektor industri. Sehingga geliat pertumbuhan ekonomi di wilayah ini sangat maju pesat.

Namun di antara itu semua, ada hal yang paling menonjol di wilayah Utara Kota Medan tersebut yakni, masih memegang teguh norma-norma agama khususnya Islam dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, tidak sedikitpun warga menaruh curiga terhadap aktivitas orang lama maupun yang baru pindah.

“Artinya, siapa pun bebas untuk tinggal di Medan Utara ini. Warganya wellcome, ramah dan di sini (Medan Utara) masih kuat gotong royongnya. Apalagi tiap kegiatan yang barbau agama. Pasti selalu ramai didatangi warga,” ucap anggota DPRD Medan dari Fraksi Gerindra, Siti Suciati, Selasa (19/11).

Dengan adanya selentingan yang menyebutkan warga Medan Utara gampang terbujuk rayu untuk bergabung dengan kelompok-kelompok radikal, secara tegas Siti Suciati membantahnya.

“Nggak benar itu! Warga di Medan Utara ini memang masih kuat agamanya. Nggak sedangkal itu juga memaknai jihad dalam Islam,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Siti Suciati menyarankan kepada Pemko Medan melalui Dinas Pendidikan untuk lakukan pencegahan paham deradikalisasi sejak dini kepada para siswa. Sehingga sebagai generasi muda penerus bangsa, anak didik tidak mudah terjerumus.

“Libatkan oraganisasi mahasiswa, elemen masyarakat untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air kepada anak atau adik-adik kita. Kalau rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air sudah kuat, paham deradikalisasi pun sulit untuk berkembang,” serunya.

“Satu hal lagi yang tak kalah pentingnya adalah, peran serta orangtua dalam mengawasi anak-anak mereka. Jangan berdalih dengan aktivitas kerja, membuat anak-anak kita luput dari pengawasan. Kedekatan keluarga itu penting, apalagi berjiran tetangga,” pungkasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Komisi I DPRD Medan Desak Pemko Terbitkan Perwal Kepling

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi I DPRD Medan mempertanyakan kelanjutan Perda Kota Medan Nomor 9/2017 tentang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.