_
Home / Medan / Densus 88 Musnahkan 2 Bom Milik Teroris
WOL Photo

Densus 88 Musnahkan 2 Bom Milik Teroris

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Densus 88 bersama Tim Gegana Brimob Poldasu memusnahkan dua bom rakitan hasil tangkapan milik para tersangka teroris di lahan PTPN II Jalan Sei Bederah Jatian, Pasar III Lori, Dusun XX, Desa Klumpang Kebon, Kecamatan Hampara Perak, Kabupaten Deliserdang, Senin (18/11).

Adapun dua bom rakitan yang dimusnahkan berbentuk pipa dan keleng. Diketahui, bom rakitan yang dimusnahkan milik terduga bom bunuh diri di Markas Polrestabes Medan ditemukan di salah satu rumah di Canang Kering, Kecamatan Medan Belawan.

Pantauan di lapangan, petugas mengontrol pemusnahkan bom rakitan itu dengan jarak sekitar 500 meter, suara ledakan keras terjadi saat pemusanahan berlangsung. Selain itu, bahan kimia, seperti serbuk pupuk, potasium, dan belerang dimusnahkan dengan cara dibakar.

“Yang kita musnahkan ada dua barang bukti. Yakni dua bom aktif dan satu lagi bahan-bahan peledak,” kata Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto, didampingi Kapolres Belawan AKBP Ikhwan Lubis.

Dua bom tersebut, ungkapnya, merupakan hasil penggeladan Densus 88 Antiteror di rumah Yanto, yang diduga sebagai salah satu rekan pelaku bom bunuh diri di Markas Polrestabes Medan. Dua bom rakitan itu adalah bom pipa dan satu lainnya dirakit dengan kaleng cat.

“Sempat dibuang oleh jaringan pelaku ke sungai, tapi berhasil ditemukan petugas kemarin,” ungkapnya.

Ditambahkan, dua bom yang dimusnahkan itu sudah lengkap dan siap diledakkan. Pelaku perakit bom itu adalah Yanto yang juga di rumahnya ditemukan bahan-bahan peledak yang juga dimusnahkan itu.

Masih ada barang bukti lain yang diamankan petugas, antara lain panah beracun, senjata api rakitan dan beberapa pipa berisi bahan kimia yang kedua ujungnya telah dicor dengan semen.

“Petugas masih belum memusnahkan pipa-pipa itu karena masih dalam tahap pemeriksaan oleh petugas Labfor,” pungkasnya.(wol/lvz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kapolsek Medan Baru Siap Amankan Kantor Konjen AS

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolsek Medan Baru, Kompol Martuasah, bersilahturahim menyambangi Konjen Amerika Serikat di Gedung ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.