_
Home / Sports / Nasional / Danau Toba Rally Ajang Promosi Pariwisata Daerah.
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Danau Toba Rally Ajang Promosi Pariwisata Daerah.

PARAPAT, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, telah melepas peserta Danau Toba Rally 2019 yang merupakan Kejuaraan Nasional Putaran 3 di Sirkuit Aek Nauli, Simalungun. Acara seremonial dilaksanakan di Pantai Kasih, Parapat, Sabtu (23/11).

Wagub yang akrab disapa Ijeck mengapresiasi atas terlaksananya ceremonial start. Dirinya terkesan dengan suasana seremonial yang berbeda karena berada tepat di pinggir Danau Toba. Diakui, lokasi start sangat baik, terbuka, dan pemandangan Danau Toba serta masyarakat antusiasnya luar biasa.

Ijeck mengatakan gelaran Danau Toba Rally 2019 yang menggabungkan olahraga dan pariwisata atau sering disebut sport tourism berpotensi menaikkan dan mempromosikan pariwisata daerah. Jika sport tourism terus dilaksanakan, Ijeck yakin daerah wisata di Sumut semakin maju dan dikenal.

“Event ini punya peluang untuk kita bisa mempromosikan pariwisata daerah kita. Saya yakin kalau ini kita terus kembangkan, olahraga dan pariwisata, sport tourism ini bisa kita kembangkan dengan baik maka daerah wisata kita semakin maju,” ujar Ijeck.

Dalam Kejurnas kali ini, Ijeck juga turut serta sebagai peserta reli. Diakui, keikutsertaannya bertujuan silaturahim dengan kawan-kawan komunitas reli dan masyarakat serta menyalurkan hobi. Selain itu, Wagub juga ingin mengenalkan pariwisata daerah, khususnya Danau Toba.

Apalagi, Sirkuit Aek Nauli terakhir kali digunakan pada tahun 1997 saat World Rally Championship (WRC) sangat menantang. Dirinya pun menargetkan Danau Toba Rally 2019 ini bisa masuk ke dalam lima besar overall.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut, Faisal Arif Nasution, menjelaskan Danau Toba Rally 2019 diikuti 42 peserta, termasuk dua asal Inggris dan Portugal serta 40 asal Indonesia. Dari Sumut ada 20 peserta, 8 asal DKI Jakarta, 3 asal Kalsel, 2 asal Kaltim, 2 asal Sulsel, dan 1 asal Sumsel.

Danau Toba Rally 2019 dilaksanakan selama dua hari dan terdiri atas dua leg. Leg pertama meliputi 6 Special Stage (SS) dan kedua ada 5 SS dengan total jarak seluruh SS 133 km, jarak touring 169 km dengan total jumlah keseluruhan 303 km. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Gubsu: Paskibra Butuh Keterampilan dan Kedisiplinan

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, membuka kegiatan Barisan MAN 1 Bersatu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.