_
Home / Ragam / Gaya Hidup / Bank Sumut Raih Anugerah Laporan Tahunan Terbaik Tahun Buku 2018
Istimewa

Bank Sumut Raih Anugerah Laporan Tahunan Terbaik Tahun Buku 2018

JAKARTA, Waspada.co.id – Bank Sumut meraih peringkat tiga penghargaan Annual Report Award (ARA) untuk Laporan Tahunan Tahun Buku 2018 kategori Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Listed.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur Utama Bank Sumut, Muchammad Budi Utomo, di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta, Kamis (14/11).

ARA diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas informasi dan tata kelola perusahaan melalui annual report atau buku tahunan laporan tahunan perusahaan. Sebanyak 236 perusahaan yang terdiri dari 231 perusahaan BUMN, BUMD, Privat berbagai bidang usaha dan 5 dana pensiun ikut serta dalam ARA yang telah diselenggarakan sejak tahun 2002 ini.

Ketua ARA 2018, Mas Achmad Daniri, menyampaikan bahwa kriteria yang digunakan dalam penjurian masih sama dengan kriteria ARA sebelumnya. Selain penilaian kuantitatif, juga dilakukan wawancara untuk mendapatkan high level view dari para pemimpin perusahaan.

“penyelenggaraan ARA tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana tahun ini penyajian data laporan tahunan dilakukan secara mandiri oleh masing-masing peserta melalui aplikasi (self assessment) sehingga penilaiannya lebih efisien dan otentik. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya menggunakan buku laporan tahunan setiap perusahaan,” tuturnya.

“Self assessment dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan mampu memberikan edukasi bagi peserta. Selain itu juga dapat memberikan rekomendasi untuk dilakukan perbaikan pada laporan di tahun yang akan datang,” ujar Daniri.

Daniri juga mengharapkan ajang ini menjadi pendorong untuk meningkatkan transparansi dalam laporan keuangan.

Muchammad Budi Utomo, dalam kesempatan yang sama menyampaikan kesyukurannya atas prestasi Bank Sumut ini.

“Syukur alhamdulillah, di ulang tahun Bank Sumut yang ke 58 ini kita mendapatkan penghargaan untuk annual report tahun buku 2018. Ini merupakan suatu kebanggaan bahwa Bank Sumut sudah memberikan informasi yang terbuka kepada masyarakat,” kata Budi.

Budi juga berharap semoga dengan diraihnya anugerah ini tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Bank Sumut akan semakin meningkat dan Bank Sumut bisa semakin berprestasi di tingkat nasional.

ARA merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh kerjasama antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), Kementerian BUMN, Direktorat Jenderal Pajak, Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia dan Ikatan Akuntan Indonesia. Adapun Tema ARA 2018 adalah “Keakuratan Informasi untuk Kinerja Perusahaan Secara Berkelanjutan dengan Memenangkan Dukungan Stakeholders”.

Hadir pula dalam acara tersebut Komisaris Utama Bank Sumut, Rizal Fahlevi Hasibuan, Direktur Kepatuhan Bank Sumut, Yulianto Maris, Sekretaris Perusahaan Bank Sumut, Syahdan Ridwan Siregar, Pemimpin Bank Sumut Cabang Jakarta, Ali Akbar, dan Pemimpin Bank Sumut Cabang Melawai, Treysia Gati. (Wol/rls/data3)

Check Also

Wedding Organizer Semakin Diminati, Miss Planner Lakukan Ini

MEDAN, Waspada.co.id – Wedding planner & organizer saat ini semakin diminati banyak para calon pengantin ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.