_
Home / Aceh / Aminullah Ajak Generasi Millenial Bumikan Ekonomi Syariah
FOTO (Istimewa)

Aminullah Ajak Generasi Millenial Bumikan Ekonomi Syariah

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Forum Gerakan Ekonomi Syariah, Selasa (12/11) menggelar workshop ekonomi syariah. Kegiatan ini dibuka oleh Wali Kota Banda Aceh yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Aceh, Aminullah Usman di Aula Hotel Keumala, Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Aminullah mengatakan sudah saatnya mata rantai sistem ekonomi konvensional diputuskan di Aceh. Sejak penegakan syariat Islam di Aceh diberlakukan, hanya bidang aqidah dan ibadah yang lebih menonjol, sedangkan bidang ekonomi syariah seperti sistem keuangan sesuai hukum Islam baru mulai berjalan dan sedang berkembang.

“Saya minta para peserta workshop segera berkontribusi dalam memutus mata rantai sistem keuangan konvensional. Lembaga ekonomi syariah harus terus diperkenalkan kepada masyarakat kita, agar sistem ekonomi syariah ini membumi di tengah-tengah masyarakat Aceh,” kata Aminullah.

Kepada forum yang dihuni mayoritas kaum muda ini, Aminullah meminta mereka gencar membumikan sistem ekonomi syariah di Aceh dengan melakukan sosialisasi secara gencar kepada masyarakat.

“Kalau MES kan diisi oleh para tokoh-tokoh, banyak orang tua. Kalau forum ini dihuni generasi millennial. Jadi harus lebih gencar dan lebih energik dari orang tua,” kata Aminullah.

Katanya, perkembangan ekonomi syariah terus mengalami peningkatan yang signifikan, terutama di Banda Aceh. Tingkat kesadaran masyarakat akan halal lifstyle menjadikan ekonomi berbasis syariah ini peluang yang besar bagi segala sendi kehidupan, tak terkecuali bagi industri kreatif. Para pelaku industri kreatif saat ini mulai menyadari keunggulan pembiayaan syariah, termasuk cara-cara penjualan yang sesuai syariah.

“Sistem ekonomi syariah ini memiliki peluang yang sangat besar, kita harus bisa memanfaatkan itu karena sistemnya cocok untuk siapa saja,” tambahnya.

Ketua Umum Forum Gerakan Ekonomi Syariah, Zulkifli Andi Govi mengatakan kegiatan yang digelar pihaknya diikuti 100 peserta dari berbagai organisasi kemasyarakatan, masyarakat umum dan kalangan mahasiswa.

Untuk memberikan materi kepada peserta, panitia menghadirkan Ketua Prodi Ekonomi Syariah Pasca Sarjana UIN Ar-Raniry, Dr Armiadi Musa dan Dirut PT LKMS Mahirah Muamalah, T Hanansyah sebagai narasumber.

Turut hadir pada kegiatan ini, Pimpinan Bank Aceh Kantor Pusat Operasional, Fadhil Ilyas, Sekum Forum Gerakan Ekonomi Syariah, M Yunus, Wakil Ketum, Muhammad Syarif dan Bendahara Umum, Mufied Al Kamal. (bandaacehkota/ags/data3)

Check Also

Wali Kota Teken Komitmen Tolak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mendatangani komitmen bersama menolak kekerasan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.