Airlangga Memang Seorang Leader

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto (Foto: DPP Golkar)

JAKARTA, Waspada.co.id – Mayoritas suara DPD provinsi mendukung Airlangga Hartarto untuk kembali menjabat Ketua Umum Golkar 2019-2024. Dalam Rapimnas Golkar yang berlangsung, Kamis (14/11) lalu itu, menteri kabinet Jokowi ini memiliki agenda menyambut Pilkada 2020.

“Pilkada adalah prioritas bagi kader Golkar, kepala DPD provinsi, kabupaten, kota yang berbasis survei elektabilitas lembaga yang telah di-endorse partai dan tanpa mahar,” kata Airlangga.

Mengenai jadwal Musda Golkar di daerah, Airlangga memutuskan akan digelar setelah pilkada atau Juni 2020. Hal ini juga menjadi salah satu rekomendasi untuk dibahas dalam Munas 2019. Selain itu, juga ada penekanan untuk Munas Golkar tetap mengutamakan musyawarah dan mufakat.

“Musyawarah mufakat ini harus berasaskan Pancasila dan merupakan bagian dari demokrasi yang mengacu pada AD dan ART Partai Golkar,” ujarnya.

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Nurul Arifin, menyatakan bahwa dukungan tersebut sudah tepat mengingat ada pertimbangan terkait keberhasilan Airlangga membawa Golkar keluar dari prahara yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

“Selain itu, ada juga beberapa keberhasilan Airlangga, terutama di Pemilu Legislatif 2019. Terbukti, Airlangga Hartarto sudah menjadikan Golkar sebagai partai dengan perolehan kursi kedua terbanyak di DPR RI. Bahkan, Golkar mendapat tiga kursi menteri yang sangat strategis dan satu kursi wakil menteri,” kata Nurul.

Menurut Nurul, para menteri dari Golkar saat ini menjadi tim yang dipercaya Jokowi untuk menempati tim perekonomian.

“Selain itu, Golkar juga menempatkan kadernya sebagai Ketua MPR yang merupakan pertama kali setelah reformasi. Begitu juga dengan posisi Wakil Ketua DPR. Semua prestasi ini harus dilihat secara obyektif dan komprehensif,” tambahnya.

Lebih lanjut Nurul menjelaskan bahwa, keberhasilan itu merupakan sederet prestasi Ketua Umum Golkar yang baru menduduki posisi dalam 1,5 tahun ini adalah cerminan seorang pemimpin.

“Airlangga sudah membuktikan dirinya memiliki jiwa dan tanggung jawab seorang leader,” pungkasnya.(wol/kcm/mrz/data2)