Ada Nama Baru di Bursa Calon Ketum Golkar

Politikus senior Partai Golkar Agun Gunandjar Sudarsa (ist)

JAKARTA, Waspada.co.id – Politikus senior Partai Golkar Agun Gunandjar Sudarsa menyatakan diri untuk maju sebagai calon ketua umum (Ketum) Partai Golkar periode 2019-2024. dengan begini ada kandidat alternatif selain petahana Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo.

Menurutnya, keputusan untuk maju sebagai calon ketum Golkar agar gelaran Musyawarah Nasional (Munas) pada awal Desember mendatang tetap berjalan secara demokratis dan tak ada yang terpilih secara aklamasi.

“Dengan demikian proses Munas yang demokratis harus memenuhi azas luber dan jurdil. Persyaratan dukungan 30 persen, harus dilakukan secara langsung di bilik suara munas tidak melalui surat dukungan. Mari kita tegakan demokratisasi di tubuh Golkar,” kata Agun dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (25/11).

Saat ini muncul wacana agar Ketua Umum petahana Golkar Airlangga Hartanto terpilih secara aklamasi dalam Munas tersebut. Airlangga sendiri sudah menyatakan ingin maju kembali sebagai calon Ketum Golkar.

Melihat keputusan itu, Agun mengaku sudah mengundurkan diri dari posisinya sebagai Wakil Sekretaris Panitia Pelaksana Munas Golkar dalam rapat pleno Panitia Munas Golkar Sabtu (23/11) kemarin.

Advertisement

Agun turut berharap Munas Golkar tahun ini bisa baik dari Munas Golkar yang pernah digelar di Bali tahun 2016 silam. Menurutnya, Munas Golkar kala itu jauh dari semangat demokratis, bersih dan rekonsiliasi.

Menurutnya, Golkar sendiri harus memberikan contoh yang baik untuk melaksanakan prinsip demokrasi saat melaksanakan pemilihan Ketum.

“Karena partai didirikan untuk menjalankan Demokrasi. Demokrasi adalah sistem terbaik untuk menjalankan kekuasan, guna mewujudkan kesejahteraan rakyat, sebagai pemegang kedaulatan. Untuk itu semua harus dikembalikan kepada prinsip dan falsafah Demokrasi. Untuk itu partai wajib menjalankan proses demokrasi yang benar,” kata dia.

Terpisah, Ketua DPD Golkar Sumatera Utara Ahmad Doli Kurnia turut mengkonfirmasi kabar pencalonan Agun sebagai kandidat ketum Golkar. Ia menyatakan deklarasi pencalonan Agun itu sudah dilakukan dalam rapat pleno Partai Golkar Sabtu kemarin.

“Apalagi kemarin di dalam rapat panitia Pak Agun Gunanjar sudah menyampaikan akan maju sebagai calon ketua umum,” kata Doli di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Senin (25/11).

Keputusan Agun untuk maju itu membuat kandidat ketua umum Partai Golkar 2019-2024 menjadi tiga orang. Dua diantaranya adalah Airlangga Hartanto dan Wakorbid Pratama Golkar Bambang Soesatyo. (cnnindonesia/ags/data2)