81 Pelanggar Lalu Lintas Jalani Sidang di Tempat

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Medan melaksanakan tilang dan sidang di tempat hari ke 13 Ops Zebra Toba 2019 yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja, tepatnya di depan Taman Makam Pahlawan, Medan, Senin (4/11).

Dari lokasi, Polantas mengeluarkan 147 tilang kepada pengguna jalanan melanggar rambu lalu lintas dan 81 pengguna jalan mengikuti sidang di tempat.

Kasatlantas Polrestabes Medan, AKBP Juliani Prihartini, mengatakan sidang di tempat bekerjasama dengan Pengadilan Negeri Medan Ops Zebra Toba 2019.

“Sidang di tempat untuk memudahkan masyarakat membayar tilang atau denda pajak kendaraan,” katanya.

Untuk pembayaran denda pajak atau tilang, Juliani mengungkapkan Satlantas Polrestabes Medan bekerjasama dengan dengan pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI, red).

“Setelah pelanggar mendapat no briva (nomor tilang, red) bisa langsung menemui hakim untuk penetapan denda tilang sesuai Briva. Selanjutnya si pelanggar dapat membayar denda tilang melalui no briva ke BRI,” ungkapnya.

“Setelah dibayarkan denda tilang maka bukti pembayaran dapat diberikan kepada kejaksaan untuk pengambilan barang yang disita,” sambung mantan Waka Polres Batubara tersebut.

Juliani menambahkan pengendara motor yang terkena razia karena tidak bisa menunjukkan kelengkapan kendaraan seperti SIM, STNK, dan tidak memakai helm.

“Diharapkan dengan digelarnya Ops Zebra Toba 2019 para pengendara motor bisa lebih tertib dan mematuhi rambu lalu lintas saat berkendara,” pungkasnya. (wol/lvz/ryan/data2)

Editor: SASTROY BANGUN