2020 Produksi Datsun Dihentikan, Nissan?

Ilustrasi

Waspada.co.id – Nissan dipastikan berhenti produksi mobil murahnya, Datsun. Rencana itu akan dilakukan mulai Januari 2020.

“Datsun Go dan Datsun Go+ akan diberhentikan produksinya per Januari 2020, yang disebabkan karena faktor skala ekonomi,” jelas Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Harjanto kepada Liputan6.com, melalui pesan elektronik (25/11/2019).

Meski begitu, Nissan disebut akan tetap melanjutkan manufaktur di Indonesia. hanya saja, Harjanto menyebutkan, Nissan akan melakukan strategi yang berbeda.

“Perubahan strategi yang dilakukan oleh Nissan, yakni dengan melakukan lokalisasi komponen utama yakni mesin new Livina,” terangnya.

Sebelumnya, rencana produksi mesin untuk Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander sudah serint terdengar. Sebab, kedua LMPV tersebut masih menggunaka mesin yang diimpor langsung dari Jepang.

Rencana berhenti memroduksi Datsun itu juga dilakukan Nissan di negara lain, yakni di India. Bahkan kabar tersebut lebih dulu terdengar.

Di India, Nissan bakal menyudahi produksi datsun pada 2022. Ternyata, rencana di Tanah Air justru lebih cepat dua tahun.

Hingga saat ini, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) masih belum memberikan konfirmasi tentang Datsun di Indonesia. (Liputan6.com/data3)