Wali Kota Tanjungbalai Harapkan Percepatan Pengerjaan IPA Pantai Olang

WOL Photo
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, mengambil langkah cepat meninjau langsung proses pengerjaan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Pantai Olang.

Peninjauan ini dilakukannya mengingat belum optimalnya pelayanan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk masyarakat di Kota Tanjungbalai serta melihat langsung kondisi penyelesaian proyek IPA yang dalam waktu dekat akan selesai dikerjakan. Pembangunan IPA tersebut sebelumnya telah dimulai sejak Juni lalu dengan pemasangan tiang pancang.

Diharapkan nantinya setelah proyek WTP VI ini beroperasi akan meningkatkan pelayanan air bersih di Kota Tanjungbalai dengan kapasitas 50 liter/detik SPAM (sistem penyediaan air minum) IKK Datuk Bandar untuk memenuhi kebutuhan air bersih di kawasan Kecamatan Datuk Bandar yang terdiri atas lima kelurahan.

Hal ini menjadi perioritas utama Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai dalam menyelesaikan persoalan distribusi air bersih yang mencukupi dan memadai melalui PDAM Tirta Kualo yang masih belum dapat mencukupi seluruh masyarakat Tanjungbalai.

Wali Kota Tanjungbalai, HM Syahrial, mengatakan selama ini kebutuhan air bersih di Kota Tanjungbalai melalui PDAM Tirta Kualo telah mengoperasikan lima unit WTP dan empat unit sumur bor dengan kapasitas produksi air 372 liter/detik dengan capaian layanan kepada masyarakat yakni 67 persen.

iklan

“Kita harapkan nantinya setelah selesai pembangunan WTP VI yang saat ini kita lihat pengerjaannya sudah akan rampung diharapkan dapat meningkatkan pelayanan air bersih di Kota Tanjungbalai menjadi 75 persen,” katanya, Jumat (11/10).

“Pembangunan ini dilakukan untuk penambahan kapasitas 50 liter perdetik, tentunya hal ini dapat menjawab Kebutuhan air di wilayah Datuk Bandar,” sambungnya.

Syahrial menegaskan pembangunan penambahan kapasitas distribusi air bersih akan terus diupayakan hingga 100 persen mencakup seluruh wilayah di Kota Tanjungbalai dan pembenahan berkelanjutan di beberapa WTP yang sudah beroperasi serta menyelesaikan persoalan distribusi air bersih yang masih dikeluhkan masyarakat.

“Saya meminta PDAM untuk serius menangani hal ini. Kita berharap secara keseluruhan kebutuhan air bersih di Kota Tanjungbalai bisa terpenuhi. Mengingat saat ini penyediaan air bersih di Kota Tanjungbalai yang dilayani oleh PDAM Tirta Kualo dengan Kapasitas Existing 255 liter/detik,” tegasnya.

Diketahui, pembangunan IPA 50 liter/detik di daerah Pantai Olang, Kota Tanjungbalai, didanai oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II pada Balai Prasarana Wilayah Sumut. (wol/lvz/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan