Wakil Wali Kota Cek Kondisi Warga Kebakaran Jalan Sentosa Lama

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Selang dua jam setelah Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan berhasil memadamkan api, Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, langsung meninjau lokasi kebakaran di Jalan Sentosa Lama, Kelurahan Sei Kera Hulu, Kecamatan Medan Perjuangan, Senin (21/10) malam.

Selain ingin melihat kondisi puluhan rumah yang hangus terbakar, peninjauan juga dilakukan guna memastikan kondisi seluruh warga yang menjadi korban kebakaran dalam keadaan baik dan seluruh kebutuhan logistik maupun kesehatan terjamin.

Amuk si jago merah terjadi sekitar pukul 17.30 WIB dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.00 WIB. Meski demikian kebakaran yang terjadi di kawasan padat penduduk itu telah menghanguskan sedikitnya 40 rumah. Musibah itu menyebabkan sekitar 250 orang warga harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. Pihak berwajib masih melakukan penyidikan guna mengetahui apa yang menjadi penyebab kebakaran tersebut.

Peninjauan dilakukan Wakil Wali Kota didampingi Kabag Humas Arrahmaan Pane, Camat Medan Perjuangan Afrizal dan Kapolsek Medan Timur Muhammad Arifin. Setibanya di lokasi kebakaran, Wakil Wali Kota langsung mendatangi para warga untuk memberikan motivasi dan semangat kepada warga yang tertimpa musibah kebakaran tersebut.

Akhyar berharap warga tidak patah semangat serta dapat mengambil pelajaran dari musibah kebakaran.

“Musibah ini memberikan kita pelajaran untuk senantiasa mawas diri dan berhati-hati. Kelengahan sedikit dapat berdampak fatal. Saya berharap seluruh warga tidak patah semangat dan secepatnya bangkit dari musibah ini,” kata Akhyar ketika berdialog dengan salah seorang warga korban kebakaran.

Dengan menggunakan setelan baju dan celana hitam serta jaket bewarna coklat, Wakil Wali Kota berjalan menyusuri gang-gang demi untuk menemui warga yang masih dibalut dengan kesedihan tersebut. Dalam pertemuan dengan warga, Wakil Wali Kota coba menghimpun seluruh keluhan warga, termasuk kebutuhan yang sangat mendesak.

Setelah itu Wakil Wali Kota memerintahkan kepada jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan segera membangun tenda darurat, dapur umum serta posko kesehatan untuk melayani seluruh korban. Kemudian minta Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan agar menyiapkan mobil toilet.

“Saya ingin seluruh warga yang menjadi korban kebakaran dilayani dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai saudara-saudara kita ini tidak makan maupun tidak dilayani ketika membutuhkan layanan kesehatan. Untuk itu saya minta OPD terkait siaga di tempat ini dan cepat memberikan bantuan yang dibutuhkan warga,” tegasnya.

Dalam pertemuan dengan warga tersebut, Wakil Wali Kota juga menyakinkan para korban kebakaran bahwa Pemko Medan siap membantu warga korban kebakaran agar dapat memenuhi kebutuhannya selama berada di lokasi penampungan.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN