_
Home / Sumut / Tim ‘Sumut Peduli Wamena’ Bekerja, 14 Warga Sumut Menuju Medan
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Tim ‘Sumut Peduli Wamena’ Bekerja, 14 Warga Sumut Menuju Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Khusus “Sumut Peduli Wamena” yang dikirim Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) ke Papua. pasca-kerusuhan Wamena beberapa waktu lalu, terus bekerja. Selain pendataan dan bantuan kebutuhan warga Sumut di pengungsian, tim juga memulangkan 14 warga ke Medan.

“Hingga saat ini tim terus bekerja. Untuk memudahkan dan mempercepat proses pekerjaan dibagi menjadi beberapa tim. Di Jayapura ada tim 1, tim 2 di Surabaya, dan tim 3 di Tanjung Priok,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumut, Riadil Akhir Lubis, Minggu (6/10).

Dijelaskan, Tim 1 yang ke Jayapura telah dan sedang bekerja mendata warga Sumut di pengungsian (Jayapura-Sentani-Abepura) dan berkoordinasi dengan pihak TNI/Polri, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Komunitas Masyarakat Sumut.

Untuk sementara, katanya, telah di data lima posko dengan jumlah 293 warga Sumut. Antara lain di Posko Rindam sebanyak 70 orang, Yonif 751 sebanyak 22 orang, Masjid Al Aqsa 1 orang, dan Posko Tanah Itam 200 orang.

“Kebutuhan warga, untuk sementara cukup di pos pengungsian, namun pakaian diperlukan,” katanya.

Tim juga mendata dan wawancara para pengungsi. Dari 293 orang pengungsi tersebut, sebanyak 85% menyatakan ingin pulang ke Sumut dan 15% minta ke luar Wamena (Sulawesi-Jawa-Jakarta).

Sementara itu, Tim 2 evakuasi warga Sumut yang sempat mengungsi dari Papua ke Surabaya sejumlah 31 orang dan yang meminta pulang 14 orang (10 dewasa dan 4 anak-anak). Sisa 17 orang sudah diambil keluarganya dan dibawa ke Malang atau provinsi lain. Tim 3 berada di Tanjung Priok menyiapkan pemulangan 24 warga Sumut yang datang dari Makassar.

“Sabtu sore, tim sudah memberangkatkan warga ke Medan dengan bus dan diperkirakan tiba Rabu (9/10) pagi menuju Kantor Gubernur Sumut,” ujar Riadil lagi.

Sebelumnya, Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi memerintahkan seluruh Tim Khusus Sumut Peduli Wamena membantu dan memfasilitasi warga Sumut di tempat pengungsian, baik yang masih ada di Papua atau provinsi lain. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Edy: Jangan Manfaatkan Hari Besar Naikkan Harga Bahan Pokok

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, meminta para distributor bahan kebutuhan pokok ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.