_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Tarik Investasi Asing di Sumut, BI Siapkan Tiga Strategi
WOL Photo

Tarik Investasi Asing di Sumut, BI Siapkan Tiga Strategi

MEDAN, Waspada.co.id – Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara siapkan data satu pintu dalam upaya untuk memberikan satu peningkatan capacity building kepada seluruh pihak terkait di daerah-daerah seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Di antaranya seperti pihak Bappeda, Biro Asisten Perekonomian untuk meningkatkan investasi di Sumut. Bank Indonesia Perwakilan Sumut siapkan data satu pintu.

Data di tahun 2019, pertumbuhan investasi dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) hanya setengah dari tahun lalu yakni hanya di sekitar 6 persen.

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Utara, Wiwiek Sisto Widayat, menuturkan bahwa ada sesuatu salah di sini. Jadi, saat ini bagaimana upaya bersama untuk meningkatkan investasi di Sumut.

“Karena saat ini banyak calon investor mau masuk, baru-baru ini kami kedatangan Konsul dari Amerika, Inggris, India, Cina menanyakan apa yang bisa ditawarkan oleh Sumut. Tapi kita tidak punya datanya, artinya proyek-proyek apa yang sudah siap untuk dibiayai oleh mereka,” tuturnya di Medan, Selasa (8/10).

Contoh di Humbahas, proyek-proyek apa yang siap. Atau di Asahan, di Sergai yang selama ini tidak diperoleh datanya. Sebab menurut Wiwiek investor ingin mendapatkan data lengkap terkait proyek-proyek apa saja yang ada di Sumut melalui satu pintu saja.

“Ini yang kita sedang dorong, kami menyediakan sekretariat nanti, tetapi yang jelas dibutuhkan adalah data base. Jadi ada tiga strategi yang akan kita bangun. Blue book, green book, dan brown book. Blue book dikatakan adalah tataran yang paling rendah terkait data informasi mengenai proyek apa yang siap untuk kita tawarkan kepada investor,” katanya.

Sedangkan Green book, adalah data yang sudah sedikit lengkap. Seperti sudah ada informasi, sudah ada hitungannya, sudah ada kejelasan tentang tanahnya, status tanahnya seperti apa. Sementara brown book terdapat semua informasi yang lengkap, semua data, baik dari sisi tataran makro atau penjelasan inflasi, PDRB, kredit dan ketenagakerjaan nya seperti apa.

“Ini yang sedang kita kerjakan, ini sedang kita kerja sehingga dapat dan mencapai target apa diinginkan untuk menarik investor,” tandasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

APRDI Berikan Pesan Ini Kepada Investor

MEDAN, Waspada.co.id – Agar investor terhindar dari produk yang berisiko tinggi dan produk yang tidak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.