Syukuran Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Diprediksi Dihadiri Ratusan Ribu Orang

Jokowi-Ma'ruf Amin (Heru/Okezone)

JAKARTA – Syukuran inagurasi pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin akan digelar di sejumlah kota di Tanah Air. Ratusan ribu orang diprediksi tumpah ruah di acara yang puncak kegiatannya di Jakarta.

“Acara ini terbuka untuk umum dan gratis. Akan ada tamu-tamu juga dari negara-negara sahabat yang ikut serta memeriahkan,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Syukuran Inagurasi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2019-2024, Andi Gani Nena Wea, dalam konferensi persnya di Jakarta, Senin (14/10/2019).

Menurut Andi Gani, kota pertama yang akan menggelar syukuran adalah Yogyakarta, yakni pada 19 Oktober 2019. Acara syukuran di Yogyakarta digelar pukul 15.00 WIB, diisi marching band Universitas Gajah Mada (UGM) dan barisan prajurit keraton.

“Di Yogyakarta melibatkan ribuan peserta. Kegiatan ini diinisiasi oleh Widihasto W Putra,” katanya.

Kegiatan tersebut akan berlanjut Kuningan, Jawa Barat. Acara dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) itu menuturkan, ide dari penyelenggaraan syukuran inagurasi ini adalah komunitas milenial.

Andi Gani menambahkan, puncaknya ada di Jakarta bertepatan dengan pelantikan pada 20 Oktober. Acara akan dimulai sejak pukul 12.00 di area Patung Kuda sampai Istana Merdeka.