Rusia Pamer Peluncuran Rudal Balistik dari Kapal Selam Tenaga Nuklir

Ilustrasi. (JUNG Yeon-Je/AFP)

MOSKOW, Waspada.co.id – Kapal selam bertenaga nuklir milik Angkatan Laut Rusia berhasil meluncurkan rudal balistik antarbenua RSM-56 Bulava. Uji coba kapal Knyaz Vladimir itu dilakukan di Laut Putih.

Dikutip Russia Today, Rabu (30/10), peluncuran rudal itu terekam dalam video milik Kementerian Pertahanan Rusia yang dibagikan pada Selasa kemarin.

Dalam video tersebut, tampak rudal ditembakkan dari bawah laut dengan posisi tenggelam. Rudal kemudian ditembakkan tepat menuju Semenanjung Kamchatka di timur Rusia.

Knyaz Vladimir merupakan kapal selam terbaru untuk armada kapal selam kelas Borei yang telah diperbaharui.

Kapal bertenaga nuklir itu sedang berada dalam masa uji coba di laut. Nama kapal itu diambil dari Pangeran Rusia pada abad ke-10, Vladimir the Great.

Advertisement

Peluncuran rudal Bulava sebelumnya telah dilakukan dari kapal selam kelas Borei, Yuri Dolgorikuy, pada Agustus lalu.

Pada September lalu, militer Rusia juga dilaporkan berhasil melakukan uji coba rudal kapal Kh-35, peluru kendali yang terpasang pada salah satu kapal armada militer di Pasifik, kapal korvet Smerch.

Departemen urusan pers dari Armada Rusia di Pasifik (Russian Pacific Fleet) melaporkan rudal Kh-35 berhasil menghantam sejumlah target di permukaan laut dengan jarak lebih dari 50 kilometer dari kapal perangnya. (cnn)