_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Rekrutmen CPNS Tunggu Pengumuman Menteri Baru oleh Jokowi
Pelantikan Jokowi menjadi Presiden RI 2019-2024. (Foto: Okezone.com)

Rekrutmen CPNS Tunggu Pengumuman Menteri Baru oleh Jokowi

agregasi

 

JAKARTA – Badan Kepagawaian Negara (BKN) masih menunggu pengumuman Menteri kabinet kerja baru sebelum mengumumkan pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Posisi siapa yang menduduki kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sangat menentukan kapan CPNS 2019 dibuka.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan mengatakan, hingga saat ini wacana pengumuman CPNS 2019 masih sesuai jadwal. Dijadwalkan pengumuman CPNS 2019 akan dilakukan pada akhir Oktober atau pada 25 Oktober 2019.

“Masih kalau dari panselnas masih on schedule tapi kan menterinya siapa kita enggak tahu,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Senin (21/10/2019).

Menurut Ridwan, nantinya Menpan RB lah yang akan mengumumkan kepada publik mengenai pembukaan CPNS 2019 ini. Pengumuman dilakukan bersamaan dengan dikeluarkanya Peraturan Menteri (Permen) tentang CPNS 2019.

“Tetap masih akhir Minggu keempat diharapkan ada pengumuman resmi dari pak MenpanRB beserta keluarnya peraturan MenpanRB yang mengatur tentang penerimaan CPNS 2019,” jelasnya

Setelah diumumkan maka 15 hari kemudian akan dibuka pendaftaran CPNS 2019 lewat portal SSCN. Setelah itu barulah dilakukan seleksi adminsitrasi untuk kemudian menentukan siapa yang berhak mengikuti tes tahap selanjutnya.

Ada sekitar tiga tes lagi yang akan dijalani. Pertama adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assited Test (CAT). Lalu ada Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan terakhir wawancara.

“Nah nanti setelah itu 15 hari kalender kemudian dilakukan secara daring di web sscn dan seterusnya seterusnya,” ucapnya.

Sekali lagi Ridwan menegaskan jika pembukaan CPNS 2019 bergantung pada Menteri PanRB yang akan dipilih oleh Presiden Jokowi. Jika nantinya Menteri yang ditunjuk meminta untuk diundur, maka BKN selaku ketua Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) akan mengikutinya.

“Yaiyalah kita liat gerbongnya dulu. Gerbongnya berangkat, ya berangkat,” ucapnya.

Check Also

Pangkas Eselon III-IV, Jokowi: Kita Butuh Kecepatan Bekerja

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemangkasan jabatan eselon III-IV dilakukan agar pemerintah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.