_
Home / Sumut / Polres Asahan Tangkap Pelaku Penipuan Sewakan Kios Milik Pemkab
WOL Photo

Polres Asahan Tangkap Pelaku Penipuan Sewakan Kios Milik Pemkab

KISARAN, Waspada.co.id – Tim Sat Reskrim Polres Asahan meringkus pelaku penipuan dengan modus menawarkan sewa kios yang bukan miliknya.

Informasi yang diperoleh Waspada Online, Senin (7/10), pelaku bernama M Hudian Amril alias Dian ini bertemu dengan korban yang bernama Boby Nugroho bersama dua temannya pada bulan Januari 2016 lalu, di salah satu warung di Kota Kisaran.

Pelaku menawarkan kios yang diakui sebagai kepunyaannya yang berada di Jalan Akasia, Kecamatan Kota, Kisaran Barat, Kabupaten Asahan untuk disewakan kepada korban dengan harga sewa sebesar Rp30 juta selama 5 tahun. Korban kemudian memberikan panjar sebesar Rp14,5 juta kepada pelaku.

Namun karena kecurigaannya, pada bulan April 2016, korban menanyakan status kios tersebut kepada pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan. Pada saat itulah korban mengetahui bahwa kios yang ditawarkan oleh pelaku adalah milik Pemerintah Kabupaten Asahan bukan milik si pelaku.

Kios tersebut juga belum bisa digunakan karena belum diresmikan oleh Bupati Asahan. Mendapat informasi tersebut, korban kemudian menagih uang yang telah diberikan kepada pelaku.

Namun sampai tahun 2019 pelaku selalu memberikan janji-janji kepada korban untuk mengulur waktu dan tidak mengembalikan uangnya, sehingga korban membuat laporan ke Polres Asahan pada tanggal 21 September 2019.

Petugas Kepolisian yang menerima laporan langsung melakukan penyelidikan dan memintai keterangan sejumlah saksi. Pelaku kemudian ditangkap di Dusun IX Desa Gajah Kecamatan Meranti Kabupaten Asahan.

Kapolres Asahan AKBP Faisal F. Napitupulu, menjelaskan modus pelaku menjalankan aksinya dengan cara menawarkan sewa kios bukan miliknya melainkan kepunyaan Pemkab Asahan.

“Untuk kasus ini sendiri ada 4 laporan, 1 dalam bentuk Laporan Polisi (LP) dan 3 dalam bentuk Pengaduan Masyarakat (Dumas). Kasus penipuan seperti ini hendaknya diantisipasi oleh masyarakat Asahan, agar tidak ada lagi yang menjadi korban,” pungkasnya.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

HUT Bhayangkara, Kapolres Asahan: Kepercayaan Kepada Polri Meningkat

KISARAN, Waspada.co.id – Program promoter Polri yang telah di implementasikan selama 3 tahun terakhir telah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.