_
Home / Medan / Plt Wali Kota: Jaga Kebersihan dan Kurangi Penggunaan Plastik
WOL Photo

Plt Wali Kota: Jaga Kebersihan dan Kurangi Penggunaan Plastik

MEDAN, Waspada.co.id – Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, kembali mengajak dan mengimbau seluruh pihak untuk mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, plastik menjadi sumbangsih terbesar sampah tidak hanya di Kota Medan, tapi juga di hampir semua daerah di Indonesia. Terlebih, bilang Plt Wali Kota sifat plastik yang sulit terurai menyebabkannya menjadi permasalahan klasik yang masih dihadapi hingga saat ini.

Ajakan tersebut disampaikan Plt Wali Kota ketika memimpin apel persiapan gotong royong di Jalan Piring, Kecamatan Medan Petisah, Jumat (25/10).

Selain di Kecamatan Medan Petisah, kegiatan gotong royong ini juga dilakukan serentak di 20 kecamatan lainnya di Kota Medan. Diharapkan, kegiatan ini dapat menggugah kepedulian masyarakat untuk ikut serta menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. Dengan demikian, akan tercipta wajah Kota Medan yang bersih, asri dan nyaman bagi siapapun.

Meski dalam kondisi hujan deras, di hadapan aparatur pemerintahan, lurah dan kepling, petugas penanganan prasarana dan sarana umum (P3SU) Kecamatan Medan Petisah, petugas dari Dinas Kebersihan dan Pekerjaan Umum Kota Medan serta masyarakat, Plt Wali Kota tetap semangat memberikan motivasi untuk bersemangat membangun bersama Kota Medan menjadi lebih baik dalam segala hal terutama mengenai kebersihan.

“Kota Medan ini hanya bisa dibangun dengan semangat kebersamaan. Salah satunya lewat gotong royong. Hari ini kita semua berkumpul di sini harus diikuti dengan rasa keikhlasan sebagai wujud pengabdian bukan paksaan. Kesadaran bahwa kita adalah pelayan bagi masyarakat harus ditanamkan. Kita harus mampu menjadi contoh baik bagi yang lainnya, tentu ini dimulai dari diri sendiri,” kata Plt Wali Kota.

Selanjutnya, didampingi Asisten Umum (Asmum) Setdako Medan Renward Parapat, Kadis Lingkungan Hidup Medan Armansyah Lubis, Kadis Kebersihan dan Pertamanan M Husni, Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Setdako Medan Ridho Nasution dan Camat Medan Petisah Agha Novrian, Plt Wali Kota menekankan khususunya kepada aparatur pemerintahan bahwa kunci keberhasilan adalah jika semua jajaran mampu mengajak masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi berkontribusi dalam membenahi Kota Medan.

“Sehebat apapun aparatur pemerintahan tidak ada artinya tanpa peran serta masyarakat. Terlebih mengenai kebersihan, ini adalah tanggung jawab kita semua. Jangan sampai kita abai dengan kondisi lingkungan kita masing-masing. Komitmen membangun, menjaga dan merawat kebersihan Kota Medan menjadi tugas kita semua termasuk masyarakat. Ingat, kebersihan adalah cerminan diri,” ujarnya.

Selain itu, Plt Wali Kota mengingatkan seluruh aparatur agar terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. “Apapun yang terjadi, tugas kita adalah tetap fokus pada pelayanan bagi masyarakat. Berikan dan lakukan yang terbaik, agar masyarakat merasakan kehadiran pemerintah di tengah-tengah mereka. Mari kita bergandeng tangan, membangun bersama Kota Medan karena Medan adalah rumah kita,” pesannya.

Usai memberi arahan, Plt Wali Kota selanjutnya membagikan tumbler (botol minum) isi ulang kepada seluruh petugas gotong royong sebagai wujud gerakan sadar lingkungan bebas plastik. Selanjutnya, Plt Wali Kota mengisi botol tersebut mengisi botol tersebut dengan air dan meminumnya dilanjutkan dengan ramah tamah.

Selanjutnya, seluruh petugas yang telah bersiap dengan alat-alat kebersihan seperti cangkul, garpu sampah dan penggaruk kemudian bergerak menuju lokasi gotong royong yang berada di pinggir sungai di sepanjang Jalan Piring. Seluruh petugas pun dibagi dalam beberapa tim dan berpencar untuk melakukan pembersihan.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

“Temu Ilmiah Dapat Mengatasi Permasalahan Lingkungan”

MEDAN, Waspada.co.id – Fenomena terkini menunjukkan bahwa makin banyak penelitian lintas disiplin ilmu dilaksanakan untuk bisa memecahkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.