_
Home / Warta / Teknologi / Paket Internet Unlimited, Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentangnya?
Ilustrasi (ist)

Paket Internet Unlimited, Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentangnya?

Waspada.co.id – Saat ini memiliki paket internet sudah menjadi kebutuhan bagi semua pengguna smartphone. Dengan menggunakan paket internet, Anda akan memiliki akses ke dunia maya di manapun dan kapanpun berada.

Penggunaan paket internet ini sangatlah berguna terutama jika Anda membutuhkan koneksi internet saat sedang dalam kondisi tidak terkoneksi dengan Wi-Fi. Merespons demand yang sangat tinggi terhadap paket internet, provider seluler pun dengan sigap merilis berbagai macam produk paket internet berkuota untuk memenuhi kebutuhan Anda. Jenis paket internet yang paling banyak dicari adalah jenis paket internet Unlimited.

Namun walaupun paket internet jenis Unlimited ini paling populer, ternyata banyak orang yang belum mengetahui arti dibalik kata “Unlimited”, lho. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan “Unlimited” di dalam paket internet tersebut?

Paket Internet Unlimited, Apa Artinya?
Kata “Unlimited” sendiri berasal dari Bahasa Inggris yang berarti “tidak terbatas”. Kebanyakan orang menganggap bahwa paket internet Unlimited berarti Anda dapat menikmati internet tanpa batas. Tapi ternyata pengertian sesungguhnya dari paket internet Unlimited bermacam-macam. Bahkan, paket internet Unlimited yang Anda ketahui selama ini terbagi menjadi beberapa jenis. Apa saja?

1. Paket Internet Unlimited Kuota
Salah satu jenis paket internet Unlimited yang diketahui adalah paket internet Unlimited Kuota. Paket internet ini bukan berarti Anda akan mendapatkan kuota yang tidak terbatas sehingga tidak perlu mengisi ulang per-bulannya. Arti dari paket Unlimited kuota adalah Anda akan mendapatkan kuota internet yang akan terakumulasi di bulan berikutnya. Sebagai contoh, apabila Anda membeli paket internet Unlimited dengan kuota 10GB di bulan April. Kuota tersebut kemudian habis setelah digunakan untuk streaming film atau bermain game online.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena di bulan berikutnya Anda juga akan memperoleh kuota 10GB. Ada juga yang menggunakan sistem rollover, dimana jika paket internet dari penggunaan bulan sebelumnya belum habis maka akan diakumulasikan sehingga Anda dapat menggunakannya di periode bulan berikutnya.

2. Paket Internet Unlimited FUP
Pernahkah Anda membeli suatu paket internet namun seiring dengan penggunaan kecepatan internet tersebut berkurang? Ini artinya Anda sedang menggunakan paket internet FUP. FUP sendiri berasal dari kata Fair Usage Policy atau penggunaan kuota internet yang wajar. Ini artinya kuota internet tersebut memberlakukan batas penggunaan kuota setelah penggunaan internet dalam jangka waktu tertentu. Apabila penggunaan internet Anda sudah melebihi kuota yang ditentukan, maka kecepatan internet Anda pun akan berkurang. Walaupun Anda masih bisa terkoneksi dengan dunia maya.

Sebagai contoh, misalnya Anda membeli paket internet Unlimited dengan kuota internet FUP 10GB. Selama Anda masih memiliki kuota tersebut, maka kecepatan internet Anda pun sangat kencang. Tak jarang Anda bisa memperoleh kecepatan hingga 20Mbps. Namun begitu kuota FUP Anda habis, maka kecepatan internet Anda pun akan berkurang cukup drastis, yaitu hanya sekitar ratusan KBps saja. Untuk mempercepat koneksi internet, satu-satunya cara tentu adalah dengan mengisi ulang kuota internet tersebut.

3. Paket Internet Unlimited dengan Batasan Speed
Apakah paket internet Unlimited benar-benar bisa “unlimited’? Jawabannya, bisa! Anda dapat memperoleh kuota internet yang benar-benar tidak terbatas. Namun di sisi lain, batas yang digunakan pada jenis paket internet ini adalah batas speed atau kecepatan. Umumnya paket internet ini menggunakan masa aktif sebagai batasan. Hal ini diterapkan pada paket internet Unlimited dari Telkomsel Simpati atau Indosat Ooredoo.

Paket internet ini umumnya hanya memiliki jangka waktu aktif selama 1 bulan atau 30 hari. Setelah masa aktif berlalu, maka paket internet tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi. Untuk menggunakannya kembali, Anda perlu mengisi ulang paket internet yang secara otomatis juga akan mereset ulang masa aktif ke satu bulan berikutnya.

4. Paket Internet Unlimited dengan Masa Aktif Selama Jangka Waktu Tertentu
Berbeda dari jenis paket Unlimited berdasarkan speed, paket internet ini dapat Anda gunakan tanpa batasan speed maupun kuota FUP. Namun di sisi lain, paket internet ini hanya memiliki masa aktif yang relatif singkat. Bisa dibilang masa aktif dari paket internet ini hanya berlangsung selama beberapa hari saja. Buat Anda yang tidak terlalu membutuhkan akses internet (misalnya Anda memiliki konektivitas Wi-Fi di rumah), paket internet ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Harganya yang murah juga sangat pas buat Anda yang sedang dalam masa menghemat.

5. Paket Internet Unlimited untuk Situs Tertentu
Jenis paket internet terbaru ini sangat populer di kalangan generasi milenial. Terutama bagi Anda yang sangat aktif dalam menggunakan aplikasi media sosial Facebook dan Instagram. Pengguna YouTube juga akan dimanjakan dengan paket internet Unlimited ini. Hal ini dikarenakan paket internet ini memungkinkan Anda untuk mengakses situs-situs media sosial dan video streaming platform tanpa batasan kuota maupun speed. Ini tentunya jadi terobosan yang paling disukai, terlebih lagi mengingat biasanya justru penggunaan streaming YouTube lah yang mengakibatkan kuota cepat tersedot. Dengan menggunakan paket internet ini, Anda bisa streaming YouTube sepuasnya atau bahkan mengupdate konten-konten Instagram dan Facebook dengan leluasa.

Beli Paket Internet Unlimited dan Nikmati Aktivitas-Aktivitas Ini

Bagi Anda yang ingin menikmati bebasnya berinternet ria, memang sangat disarankan untuk membeli paket internet Unlimited. Pasalnya, dengan menggunakan paket internet tersebut Anda dapat menikmati akses internet tidak terbatas dan melakukan aktivitas menyenangkan ini dari smartphone Anda.

1. Menonton Video-Video Lucu dan Terbaru di YouTube
Ya, kini tidak ada lagi alasan Anda kudet dengan MV penyanyi boyband Korea favorit Anda. Karena dengan menggunakan paket Unlimited, Anda dapat streaming video klip dari artis penyanyi lokal maupun mancanegara yang menjadi idola Anda. Selain video klip musik, Anda juga dapat menikmati konten video YouTube lainnya yang tak kalah menarik. Buat Anda yang ingin melepaskan penat setelah seharian penuh bekerja bisa menonton video tingkah hewan yang lucu atau menonton tutorial makeup terbaru dari beauty vlogger favorit. Namun perlu diingat bahwa penggunaan YouTube umumnya akan menyedot kuota yang cukup besar. Jadi jika Anda ingin menikmati konten YouTube hingga puas disarankan untuk membeli paket internet kuota Unlimited yang membebaskan penggunaan kuota untuk aktivitas di medsos dan YouTube.

2. Bermain Game Online Sepuasnya
Bagi online gamer, penggunaan kuota internet Unlimited adalah suatu hal yang sangat bermanfaat. Dengan menggunakan konektivitas paket internet ini, Anda dapat menikmati koneksi internet yang kencang dan ideal untuk bermain berbagai jenis games online. Bermain game online seperti PUBG, AOV atau Mobile Legends tentu terasa lebih mengasyikkan. Dengan koneksi internet Unlimited yang kencang, Anda tidak perlu khawatir keasyikan Anda bermain game online akan terputus di tengah-tengah.

Penggunaan kuota internet untuk game online tentunya akan menghisap koneksi kuota yang sangat banyak. Sehingga sangat tidak disarankan Anda memilih paket internet dengan batasan kuota. Sebaliknya, Anda dapat membeli paket internet Unlimited yang memberikan batasan dalam wujud masa aktif selama 1 bulan. Untuk menjamin keasyikan Anda selama bermain game, Anda juga dapat membeli 2 paket internet dengan kuota internet besar sekaligus. Tapi tentu saja, untuk itu Anda perlu mengalokasikan budget yang lebih besar.

3. Aktivitas Download Jadi Lebih Melegakan
Ingin mengunduh video-video menarik untuk Anda nikmati selepas kerja dari YouTube? Atau ingin mengunduh game online terkini dari PlayStore? Aktivitas mengunduh konten online ke smartphone tentu membutuhkan koneksi internet yang stabil. Untungnya, Anda akan memperoleh koneksi internet idaman dengan menggunakan paket internet Unlimited.Paket internet ini menjamin konektivitas internet yang kencang dan stabil, sehingga Anda dapat mengunduh berbagai macam konten game, video, maupun file musik dengan lancar dan tanpa hambatan.

4. Akses Media Sosial Pun Jadi Lebih Asyik
Buat Anda yang selalu eksis di platform Instagram atau Facebook juga pasti memerlukan koneksi internet yang lancar untuk mengupdate konten. Ditambah lagi dengan bertambahnya aplikasi seperti Snapchat atau Twitter, dan lain sebagainya yang menunjukkan peningkatan penggunaan tiap bulannya. Untuk mengakomodasi kebutuhan Anda, hadirlah paket internet Unlimited yang membebaskan penggunaan kuota internet untuk aktivitas di media sosial. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengakses YouTube sepuasnya. Wah, ini tentu semakin menambah keasyikan dalam berinternet ria, ya!

5. Berbagi Koneksi Internet Bersama Keluarga dan Teman Jadi Makin Menyenangkan
Indahnya berbagi pun bisa Anda rasakan dengan menggunakan paket internet Unlimited. Dengan memanfaatkan fasilitas tethering, Anda dapat berbagi koneksi internet dengan teman-teman tersayang. Anda dan teman-teman jadi bisa eksis bareng-bareng di Instagram atau di Facebook. Ini tentunya jadi cara yang paling menyenangkan untuk berbagi. Bila Anda ingin berbagi koneksi dengan teman-teman atau keluarga, maka Anda perlu membeli pulsa paket internet dengan kuota yang besar. Bila memungkinkan, pilihlah paket internet yang mendukung konektivitas 4G LTE yang merupakan jaringan internet terluas di Indonesia. Jaringan 4G LTE ini bahkan menjangkau hingga 200 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia, lho! Harga dari paket internet dengan jaringan 4G ini pun sangat terjangkau.

Intip Tips Membeli Paket Internet Unlimited Berikut Ini
Bagaimana cara memilih paket internet Unlimited yang tepat untuk Anda? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan tips berikut ini, yuk!

1. Cari Tahu Terlebih Dulu Harga ‘Normal’
Tentunya Anda merasa penasaran dengan apa yang dimaksud dengan harga ‘normal’ dari paket internet. Setiap penyedia pulsa paket internet pasti memiliki harga patokan saat menawarkan dagangan pada Anda. Tentunya, harga dari masing-masing paket internet tersebut tak akan jauh berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun, Anda perlu waspada jika ada beberapa orang yang menawarkan paket internet Unlimited dengan harga yang luar biasa murah. Walaupun memiliki harga yang sangat terjangkau, bisa jadi kuota yang dijanjikan tidak sesuai. Jadi sebaiknya pilihlah paket internet Unlimited dengan harga yang wajar.

2. Cek Masa Aktif Sesuai Kebutuhan
Masing-masing paket internet dari provider yang berbeda tentunya menawarkan masa aktif yang juga berbeda-beda. Anda dapat menemukan paket internet Unlimited yang hanya berlaku selama beberapa hari saja. Walaupun kebanyakan paket internet Unlimited memiliki masa aktif selama maksimal 1 bulan.

Nah, yang perlu dilakukan adalah memilih paket internet Unlimited dengan masa aktif yang sesuai dengan kebutuhan. Bila Anda hanya memerlukan paket internet tersebut dalam waktu yang singkat, maka paket dengan masa aktif selama 1 atau 3 hari saja rasanya sudah cukup. Lain halnya jika Anda sangat sering menggunakan paket internet untuk mengakses berbagai aplikasi online. Maka ada baiknya untuk memilih paket internet Unlimited dengan masa aktif selama satu bulan.(wol/rls/data2)

Check Also

Wiranto: Papua dan Papua Barat Mulai Kondusif, Blokir Internet Segera Dihapus

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, menyebutkan suasana ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.