_
Home / Warta / Politik / MPR Yakin Pelantikan Jokowi Berjalan Lancar
Presiden Jokowi. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

MPR Yakin Pelantikan Jokowi Berjalan Lancar

JAKARTA, Waspada.co.id – Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menyatakan aparat keamanan telah menyiapkan antisipasi dan penanganan aksi demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa serta kelompok masyarakat jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Kepala BIN Budi Gunawan telah memaparkan langkah-langkah yang akan ditempuh agar acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf pada 20 Oktober mendatang dapat berjalan dengan khidmat dalam rapat koordinasi yang berlangsung pada Selasa (15/10).

Dia berharap acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf dapat berjalan dengan tertib, lancar, dan aman.

“Saya kira itu (demonstrasi mahasiswa) sudah diantisipasi dan ditangani oleh aparat keamanan, mudah-mudahan bisa berjalan tertib, lancar, dan aman,” kata sosok yang akrab disapa Bamsoet itu saat memberikan keterangan pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (15/10).

Politikus Partai Golkar itu meminta seluruh elemen masyarakat dan mahasiswa merapatkan barisan agar acara pelantikan presiden berjalan lancar dan bisa memberikan pesan positif kepada dunia internasional.

“Mohon doa seluruh masyarakat dan adik-adik mahasiswa, mari kita rapatkan barisan untuk kesejahteraan bangsa Indonesia,” ucapnya.

Bamsoet mengatakan sebanyak dua kepala negara serta empat kepala pemerintahan akan hadir di acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf. “(Yang akan hadir) dua kepala negara (dan) empat kepala pemerintahan,” kata dia.

Dia tak memberikan informasi secara rinci terkait sosok kepala negara serta kepala pemerintahan yang akan hadir tersebut.

Selain itu, lanjutnya, acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf juga akan dihadiri oleh sembilan utusan khusus dan lebih dari 157 duta besar negara sahabat.

“Alhamdulillah dari penjelasan Panglima, Kapolri, dan Kepala BIN bahwa situasi keamanan kondusif dan masih bisa diatasi dan diantisipasi dengan segala kemungkinan,” ucap Bamsoet.

Ketua DPR Puan Maharani juga berharap acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf dapat berjalan dengan khidmat.

“Kami berharap ini acara sakral yang harus dilaksanakan khidmat. Kami mengimbau kepada masyarakat agar dapat mengikuti acara ini secara khidmat,” ujar politikus PDIP itu.

Puan berjanji pihaknya sebagai pemimpin lembaga legislatif akan menjalin kerja sama dengan ekskutif demi menyejahterakan rakyat.

“Ini adalah agenda lima tahunan yang konstitusional, tolong semua bisa ikut melaksanakan hal tersebut sebagai satu bangsa,” ucapnya. (cnnindonesia/ags/data1)

Check Also

Prabowo Minta Saran Luhut: Beliau Senior Saya

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.