Menteri Baru Jokowi Diminta Segera Lapor LHKPN

Ilustrasi LHKPN (Foto: Ist)

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi mengaku belum ada menteri baru di Kabinet Indonesia Maju yang melaporkan harta kekayaannya atau menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara/LHKPN.

Namun ada beberapa yang sebelumnya telah menjabat penyelenggara negara serta telah secara berkala melaporkan harta ke KPK.

“Sampai saat ini, kalau untuk menteri kabinet yang baru, saya tadi update memang belum ada yang menyerahkan LHKPN. Jadi, kami (KPK) masih menunggu, karena memang masih ada waktu,” kata Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK, Yuyuk Andriati dikonfirmasi awak media di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin 28 Oktober 2019.

Yuyuk menerangkan, berdasarkan regulasi yang berlaku, ada batas waktu para menteri tersebut menyetor LHKPN. Batasnya, yakni tiga bulan setelah pelantikan.

“Sejak dilantik tiga bulan,” kata Yuyuk.

Yuyuk juga mengimbau, para menteri yang sudah pernah melaporkan LHKPN, segera memperbaharui laporannya. KPK menduga, akan ada perubahan dari segi harta dari pejabat dan menteri sebelumnya. (vivanews/ags/data2)