Menang 9-0, Leicester City Ukir Rekor Fantastis

foto: twitter

SOUTHAMPTON, Waspada.co.id – Leicester City mencetak rekor sebagai tim pertama di Liga Premier yang meraih kemenangan tandang terbesar kala menghancurkan Southampton 9-0 di St Mary’s Stadium, Sabtu (26/10).

Baru 10 menit, The Foxes sudah mencatatkan gol pertamanya melalui Ben Chilwell. Mimpi buruk The Saints kemudian diawali kartu merah yang didapat Ryan Bertrand menyusul pelanggaan kasarnya terhadap Ayoze Perez.

Unggul pemain di lapangan, tim asuhan Brendan Rodgers menggila. Youri Tielemans pun mencetak gol kedua pada menit 19. Selanjutnya, Ayoze Perez mencatatkan namanya di papan skor sebanyak dua kali di babak pertama. Jamie Vardy memperbesar keunggulan tim tamu menjadi 5-0 memasuki jeda.

Di babak kedua, Southampton kemasukan empat gol tambahan melalui Perez dan Vardy yang sama-sama mencetak hattrick. Satu gol pelengkap Leicester dihasilkan oleh James Maddison. Atas kemenangan ini, The Foxes memecahkan tiga rekor yang sudah tercipta sebelumnya di kompetisi kasta tertinggi dalam sepakbola Inggris.

Sebelumnya, margin kemenangan terbesar sebuah tim di laga tandang adalah delapan gol. Ada tiga klub yang mencatatkan rekor itu sebelumnya. Mereka adalah West Bromwich Albion, Sunderland, dan Wolverhampton Wanderers.

Advertisement

Namun, pesta gol ini juga membuat Leicester menyetarakan dirinya dengan Manchester United sebagai tim yang meraih kemenangan terbesar dalam sejarah Liga Premier. Pada musim 1994-1995, MU lebih dulu melakukannya ketika membantai Ipswich Town 9-0 di Old Trafford.

Kemenangan itu membuat Leicester mengoleksi 20 poin dari 10 pertandingan untuk naik ke posisi runner-up klasemen menggusur juara bertahan Manchester City. Kendati begitu, City berpeluang menggeser Jamie Vardy cs lagi andai mengalahkan Aston Villa malam ini. (wol/aa/dm/ls/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL