Lansia Adalah Semangat dan Berkat Bagi Kaum Muda

foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

MEDAN, Waspada.co.id – Kaum lanjut usia atau lansia memang tidak lagi selincah masa muda. Namun dalam hal semangat dan nasihat, peran mereka sangat diperlukan oleh generasi muda. Karena itu keberadaan para orang tua menjadi penting dalam kehidupan.

Demikan disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, saat menghadiri sekaligus membuka acara Temu Persekutuan Kaum Lanjut Usia (PKLU) Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) di Hotel Grand Mercure Angkasa Medan, Jumat (25/10) malam.

Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan beberapa hal terkait keberagaman bermasyarakat yang belakangan sering kali dipersoalkan. Khususnya soal keagamaan yang menurutnya kurang tepat jika itu menjadi alasan untuk seseorang tidak mau berteman dengan orang lain.

“Yang pasti, tidak ada agama yang tidak mengajarkan kebaikan. Kita berbeda itu hanya soal akidah dan ibadah,” ujar Edy di hadapan 500-an lansia dari GPIB berbagai provinsi di Indonesia.

Pesan berikutnya adalah menghormati orang tua. Bagi Edy, sosok ayah dan ibunya paling penting dalam hidup. Sebab, sang ayah (almarhum) adalah Prajurit TNI berpangkat Sersan dan ibunya penjual kue.

“Makanya saya waktu sekolah, ibu saya tukang kue. Ya saya yang antar kuenya. Jadi walaupun Bapak saya hanya Sersan, anaknya bisa Letnan Jendral,” sebut Edy.

Gubsu pun mengingatkan bahwa keberadaan lansia harus diperhatikan. Terlebih, generasi muda membutuhkan berkat dan nasihat dari orang-orang yang sudah lebih dahulu hidup dan menjalani kehidupan degan berbagai pengalamannya.

Ketua Majelis Sinode GPIB, Paulus Kariso Rumambe, mengatakan pihaknya bersyukur atas terlaksananya acara rutin memperingati HUT ke-9 GPIB 2019. Dia pun mengimbau para lansia yang tergabung di PKLU memperhatikan jemaat yang ada di pos-pos pelayanan, terutama di desa terpencil.

“Keunikan sinode memiliki pos pelayanan kesaksian yang tersebar di pelosok pedesaan. Jadi tugas kita menanti, mari kita keluar. Saatnya kita melirik, minimal mendoakan jemaat yang ada di pos pelayanan dan kesaksian,” kata Paulus didampingi Ketua Panitia Temu PKLU GPIB Pdt Jhony Lontoh. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL