Komposisi Kabinet Jokowi, PKB: Tunggu Pembahasan Bersama Ketum Parpol

Presiden Joko Widodo. (Foto: Arif Julianto/Okezone)
agregasi

 

JAKARTA – Periode kabinet pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebentar lagi akan segera habis. Ia akan kembali melanjutkan periode kedua setelah melakukan pelantikan yang rencananya akan dilangsungkan pada 20 Oktober mendatang.

Meski sebentar lagi akan dilantik, mantan Gubernur DKI Jakarta itu belum mau membuka siapa saja nama-nama menteri yang akan mengisi kebinet keduanya. Ia baru akan mengumumkan kabinetnya usai pelantikan.

Wakil Sekretaris Jendral Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan meyakini bahwa Jokowi sudah memiliki nama-nama siapa yang akan masuk dalam komposisi kabinet keduanya itu.

Kendati begitu PKB sendiri kata dia belum tahu siapa nama dan bagaimana komposisi yang diinginkan Jokowi. Menurut Daniel pihaknya masih menunggu pembicaraan antara Jokowi dan para ketum-ketum parpol.

“Belum tahu (komposisinya),” tutur Daniel kepada Okezone, Jumat (4/10/2019).

Daniel tidak bisa memastikan kapan pertemuan antara ketum parpol dan Jokowi akan dilangsungkan. Namun ia meyakini pertemuan itu tidak lama lagi segera dilakukan.

“Mungkin setelah selesai soal pimpinan parlemen ini (baru bahas komposisi kabinet),” terangnya.

Adapun terkait dengan posisi menteri yang diinginkan PKB sendiri tidak bisa menjawab persoalan tersebut. PKB menunggu arahan dari Jokowi untuk mendiskusikan persoalan tersebut diantara ketum parpol.

“Nanti kita tunggu pembahasan pak Jokowi dengan para ketum dulu,” tukasnya.

Sementara politikus PKB Abdul Kadir Karding mengatakan bahwa Jokowi sudah membuat komposisi terbaik menterinya untuk mengarungi masa jabatan keduanya ini. “Komposisi (menteri) sudah terbentuk,” kata Karding beberapa waktu lalu kepada Okezone.

Namun demikian kata dia, Jokowi masih menutup rapat nama-nama yang bakal menjadi menteri. “Hanya saja siapa orangnya, belum ada informasi,” jelas Karding.