_
Home / Warta / Politik / Gus Irawan Tetap Duduk di Komisi VII DPR RI
foto: istimewa

Gus Irawan Tetap Duduk di Komisi VII DPR RI

JAKARTA, Waspada.co.id – Anggota DPR-RI Gus Irawan Pasaribu asal daerah pemilihan Sumut tetap duduk di Komisi VII DPR-RI. Gus Irawan yang juga ketua DPD Gerindra Sumut itu dipercaya sebagai wakil ketua, berbeda dengan periode sebelumnya dimana dia menduduki jabatan ketua.

“Saya kira ya tidak terlalu banyak perubahan dengan bidang tugas saya sebelumya. Memang Gerindra tidak mendapatkan ketua di Komisi yang ada di DPR-RI sebagai alat kelengkapan dewan. Kami hanya ada di badang legislasi dan badan kerjasama antar parlemen,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (30/10).

“Ini bedanya dengan lima tahun lalu. Keputusan ini menurut acuannya untuk proporsionalitas. Tapi itu tadi kita dari Fraksi Gerindra tidak kebagian di ketua komisi,” katanya.

Wakil Ketua DPR RI Kordinator bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang), Rachmat Gobel secara resmi menetapkan Sugeng Suparwoto dari Fraksi Nasional Demokrat (NasDem) sebagai Ketua Komisi VII DPR RI. Serta empat orang wakil ketua yang terdiri dari Bambang Wuryanto dari Fraksi PDI Perjuangan, Alex Noerdin dari Fraksi Partai Golkar, Gus Irawan Pasaribu dari Fraksi Partai Gerinda dan Eddy Soeparno dari Fraksi PAN.

Sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan kedua atas UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR RI, DPD RI, DPRD (MD3) pasal 427 E, dimana pimpinan Komisi, dan Alat Kelengkapan Dewan terdiri atas satu orang ketua dan paling banyak 4 orang wakil ketua. Berdasarkan prinsip musyawarah untuk mufakat dan proposional menurut perimbangan jumlah anggota masing-masing fraksi.

“Sesuai rapat konsultasi pengganti rapat Bamus tanggal 18 oktober 2019 dimana salah satunya menyepakati komposisi fraksi-frakasi pada pimpinan AKD (Alat Kelengkapan Dewan) yang telah diputuskan secara musyawarah dan mufakat, untuk itu kami meminta nama-nama calon dari fraksi masing-masing,” ujar Rahmat, saat memimpin rapat di Komisi VII DPR RI di Ruang Rapat Komisi VII DPR RI, Gedung Nusantara I, Senayan Jakarta, Rabu pekan lalu (30/10).

Terhadap Ketua dan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI yang baru saja ditetapkan, Gobel berharap agar Pimpinan Komisi VII bisa bekerja secara maksimal. Pasalnya kekayaaan dan sumber daya alam, serta hasil bumi Indonesia sangat banyak, sehingga diharapkan bisa memberi nilai tambah dan manfaat yang besar bagi kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

“Selain itu saya berharap semoga semua bisa segera bekerja, bersinergi termasuk dengan pemerintah, agar bisa mewujudkan harapan masyarakat secara luas,” pungkasnya. (wol/min/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Wakil Ketua Komisi VII Minta Target Elektrifikasi 100 Persen

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu menyoroti kebijakan elektrifikasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.