Gerindra Tetap Ngotot Ahmad Muzani Jadi Ketua MPR

Ahmad Muzani (Ist)
agregasi

 

JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menegaskan, partainya akan tetap mendorong Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR Periode 2019-2024, meskipun hampir semua fraksi mendukung politikus Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) menduduki jabatan tersebut.

“Kita akan tetap maju, walaupun (nanti) voting, kita akan maju,” tegas Dasco kepada wartawan, Kamis (3/10/2019).

Dasco menilai sikap PDI Perjuangan (PDIP) yang mendukung Bamsoet tak tepat. Seharusnya jika PDIP ingin menghindari situasi ‘the winner takes it all, maka kursi ketua MPR diberikan kepada Gerindra.

“Saat ini Presiden terpilih dan Ketua DPR terpillih berasal dari kubu politik yang sama. Maka wajar jika Gerindra mendapatkan kursi Ketua MPR sebagai langkah konkret dimulainya rekonsiliasi politik,” ujarnya.

Menurut Dasco, meskipun Partai Golkar memiliki kursi terbanyak kedua di MPR, tetapi harus digarisbawahi bahwa Gerindra adalah peraih suara terbanyak kedua pada Pemilu lalu.

“Oleh karena itu demi menjaga keseimbangan politik serta cerminan ‘permusyawaratan perwakilan’ ,sangat wajar kita mengikuti konvensi yang pernah ada bahwa partai rival pemenang diberikan kehormatan yang layak untuk menduduki kursi Ketua MPR RI,” ucapnya.