Edy: TNI Harus Tetap Jadi Kebanggaan Rakyat

foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

MEDAN, Waspada.co.id – Peringatan HUT ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Apron Pangkalan Udara Soewondo, Medan, Sabtu (5/10), berlangsung meriah. Ribuan masyarakat turut memeriahkan dan antusias menyaksikan rangkaian acara.

Berbagai atraksi yang ditampilkan para personil dari TNI AD, AL, dan AU membuat masyarakat terkesima. Khususnya saat personil TNI menghajar benda keras mulai dari botol, batu bangunan, hingga empat lapis tebal balok es.

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, juga larut dalam kemeriahan bersama Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting,  Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto, Danlantamal I Belawan Laksma TNI Abdul Rosyid, Panglima Kosekhanudnas III Marsma TNI Djohn Amarul, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Meka Yudanto, dan lainnya.

“Wahai para TNI, berbuatlah yang terbaik dan selalulah menjadi kebanggaan rakyat,” ujarnya menyampaikan harapannya kepada seluruh anggota TNI agar selalu bisa menjadi kebanggaan rakyat.

“Seperti tema ‘TNI Profesional Kebanggaan Rakyat’, tanamkan dalam hati. Kalian harus bisa memahami, mengayomi, dan melindungi rakyat. Saya, Gubernur Sumut, mewakili seluruh rakyat Sumut mengucapkan Dirgahayu TNI ke-74. Tetap jaya TNI dan semakin dicintai rakyat,” teriak Edy lantang.

Gubsu pun mempersembahkan sebuah lagu untuk menghibur seluruh anggota TNI. Membawakan lagu berjudul “Kembali” milik Koes Plus, Edy bernyanyi dan menjadi pusat perhatian. Tak lama, seluruh unsur Forkopimda dan para prajurit ikut bernyanyi dan mengangkat Edy ke udara.

Saat menjadi Inspektur Upacara, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah membacakan amanat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Antara lain, seluruh jajaran prajurit TNI diharapkan senantiasa mewaspadai adanya ancaman siber sebagai dampak kemajuan teknologi.

Ada lima penekanan yang diharapkan Panglima TNI untuk diterapkan oleh jajaran prajurit. Kelima penekanan itu memperkokoh keimanan, meningkatkan solidaritas, kemanunggalan dengan rakyat, dan menjunjung nilai-nilai keprajuritan, meningkatkan kewaspadaan dan profesionalitas, menyikapi persoalan dan tantangan dengan bijak serta ikhlas menjalani tugas demi kepentingan bangsa dan negara.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan dari Presiden RI kepada prajurit TNI yang melakukan tugas kenegaraan selama 24 tahun, 16 tahun, dan delapan tahun penuh.

Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun diterima Lettu Inf Sudarto (Danton SMS Yonif 100/Raider Kodam I/BB). Satya Lencana Kesetiaan 16 Tahun diterima Serma M Kamaluddin Rangkuti (Ur Barang Bergerak Bandya Slog Lantamal I) sedangkan Satya Lencana Kesetiaan 8 Tahun untuk Praka Heri Kiswanto (Ta Elektronik Senkom Lanud Soewondo). (wol/aa/data1)

editor AUSTIN TUMENGKOL