_
Home / Komunitas / Dosen Unimed Berikan Pendidikan Komunitas Melalui Gerakan Literasi
WOL Photo

Dosen Unimed Berikan Pendidikan Komunitas Melalui Gerakan Literasi

Deliserdang, Waspada.co.id – Sejumlah dosen Universitas Negeri Medan (UNIMED) melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pendidikan komunitas kepada pada anak-anak usia sekolah dasar melalui dongeng.

Di mana program ini akan menjangkau target 25 anak-anak berusia sekolah dasar dengan dukungan stakeholder desa, remaja desa dan perwakilan orangtua saat aktivitas kegiatan dilakukan.

Kegiatan ini dilakukan di desa Desa Pasar V Kebun Kelapa, kecamatan Beringin, kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Kegiatan ini berasaskan pada pendidikan komunitas anak kebun kelapa melalui pendampingan gerakan literasi desa.

Farida Hanim Saragih, dosen FBS UNIMED menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan usulan program sinergi yang dilakukan oleh Universitas Negeri Medan (UNIMED) dengan pemerintah desa Pasar V Kebun Kelapa.

“Program ini berfokus pada peningkatan pengetahuan anak-anak di desa dengan empat kegiatan unggulan utama, diantaranya, inisiatif pembentukan Komunitas Literasi Desa (KILAD), pemanfaatan perpustakaan dan mading literasi desa, pelatihan penulisan cerita, penyusunan rencana keberlanjutan literasi berbasis masyarakat yang dilaksanakan oleh TIM KILAD,” jelasnya.

Hasil yang diperoleh dari kegiatan didapatkan hasil observasi atau penelitian beberapa diantaranya adalah anak-anak menikmati setiap proses kegiatan berlangsung termasuk pada proses belajar di perpustakaan desa, terdapat anak yang kemampuan mengarangnya masih tergolong kategori rendah.

“Namun disisi lain mampu bekerja sama dengan baik sesama teman sejawat. Oleh sebab itu peralatan penunjang yang telah dipersiapkan berupa berupa buku-buku cerita anak sebanyak 40 buku, mading KILAD sebagai pusat belajar memberikan ruang positif bagi stabilitas semangat anak-anak sehinggapeningkatan daya juang, serta perbaikan tata nilai dapat berangsur-angsur berubah kearah yang lebih baik,” tandasnya.(wol/eko/data2)

Check Also

26 Adegan Warnai Rekonstruksi Berdarah di Kampus Unimed

MEDAN, Waspada.co.id – Sat Reskrim Polrestabes Medan telah melaksanakan rekonstruksi kasus tewasnya Jhony Fernando Silalahi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.