_
Home / Sumut / 17 Pemda di Sumut Dapat Penghargaan dari Kementerian Keuangan
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

17 Pemda di Sumut Dapat Penghargaan dari Kementerian Keuangan

MEDAN, Waspada.co.id – Sebanyak 17 Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Sumut menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI), karena berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan Pemerintah (LKDP) tahun 2018.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan dalam acara Rakorda Akutansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Wilayah Sumut di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur, Medan, Selasa (22/10).

Ke-17 Pemda yang menerima penghargaan adalah Pemprovsu, Pemko Gunungsitoli, Pemko Sibolga, Pemko Tebingtinggi, Pemko Binjai, Pemkab Toba Samosir, Pemkab Padanglawas Utara, Pemkab Samosir, Pemkab Batubara, Pemkab Humbanghasundutan, Pemkab Serdang Bedagai, Pemkab Deliserdang, Pemkab Labuhanbatu Selatan, Pemkab Dairi, Pemkab Taput, Pemkab Asahan, dan Pemkab Tapsel.

Penghargaan untuk Pemprovsu diserahkan Direktur Akutansi dan Pelaporan Keuangan Direktorat Jendral Kemenkeu, R Wiwin Istanti, kepada Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi. Penghargaan untuk Pemkab/Pemko diserahkan Gubsu kepada kepala daerah kabupaten/kota.

Edy berharap daerah-daerah yang meraih penghargaan Opini WTP bisa mempertahankan capaiannya. Untuk daerah yang belum bisa memenuhi, diharapkan bisa mengejar ketertinggalannya. Menurut Gubsu, perlu peningkatan yang secara masif hingga seluruh Pemda di Provinsi Sumut meraih WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Ini merupakan kewajiban, bila menemukan kesulitan maka ada lembaga yang siap membantu. Daerah lain bisa memberikan laporan keuangan yang baik, mengapa yang lain tidak. Ini perlu kita kejar bersama-sama, karena Sumatera Utara ini memiliki potensi yang luar biasa. Tanpa pengelolaan keuangan yang baik, maka akan sulit memaksimalkan,” kata Edy.

Ini merupakan kelima kalinya berturut-turut bagi Pemprovsu meraih penghargaan Opini WTP dari Kemenkeu RI bersama tiga Pemda lainnya, yaitu Kabupaten Dairi, Tapanuli Utara, dan Tapanuli Selatan. Tahun lalu, hanya 14 Pemda yang meraih WTP. Kakanwil Dirjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sumut, Tiarta Sebayang, mengatakan daerah yang belum WTP perlu belajar dari daerah lain.

“Ini tantangan kita untuk menambah persentase Pemerintah Daerah di lingkungan Provinsi Sumut meraih Opini WTP. Bagi daerah lain yang belum, belajarlah dari daerah yang sudah meraih WTP. Fokus tahun 2020 adalah mendukung pembangunan, menjalankan pemerintahan yang efektif dan efisien. Jadi, laporan keuangan yang baik itu perlu untuk kebaikan bersama,” ujarnya.

Selain Pemda, ada lima lembaga/instansi di Provsu yang mendapat penghargaan dari Kanwil DJPb sebagai Unit Akutansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPAW) kategori penyusunan laporan keuangan tingkat wilayah terbaik periode tahun 2018. Kelima lembaga/instansi tersebut adalah Pengadilan Tinggi Agama Medan, Kanwil Direktorat Jendral Kekayaan Negara Sumut, Pengadilan Tinggi Medan, BPS Provinsi Sumut, dan Kanwil BPN Provinsi Sumut. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Gubsu Ajak Semua Pihak Sinergi Tingkatkan Investasi

MEDAN, Waspada.co.id – Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Provinsi Sumatera Utara (Sumut), seluruh pihak diajak untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.